D-ONENEWS.COM

Peringatan Imlek 2017 Dirayakan Disejumlah Negara Hingga Pelosok Negeri

Jakarta,(DOC) – Perayaan tahun baru China (Imlek) dirayakan diberbagai negara hinggga di daerah – daerah di nusantara. Festifal barongsai seraya menjadi ikon utama perayaan Imlek 2568, Minggu(29/1/2017) tahun ini, disejumlah negara di belahan dunia.
Tak luput juga di Indonesia, khususnya di Jakarta. peringatan Imlek ber-shio ayam api ini, dimeriahkan dengan pertunjukkan barongsai dan liong yang beraksi di akuarium SeaWorld Ancol, Jakarta, Sabtu (28/1/2017) kemarin.
Disekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek), puncak perayaan Imlek dipusatkan dibogor pada 11 Februari, dengan title Cap Go Meh Bogor Street Festival 2017.
Acara yang diselenggarakan disepanjang Jl. Suryakencana, Bogor dimeriahkan dengan parade 2500 pawai dari berbagai komunitas di Bogor dan Jakarta. Arak-arakan pawai ini nantinya akan diselingi tradisi Sunda yaitu prosesi Sisingaan, kesenian Sunda Calung, Rampak Tambur, atraksi barongsai dan liong.
Di Semarang Jawa Tengah, Pasar Imlek Semawis menjadi pusat perayaan Imlek di kota ini. Tepatnya di Gang Wotgandul Timur – Gang Pinggir Pecinan Semarang, pasar imlek Semawis diselenggarakan selama 3 hari, mulai 24sampai 26 Januari 2017 lalu. Pagelaran seni asal China seperti atraksi Barongsai, pertunjukkan Wayang Potehi, Jipin dan Gambang Semarang, ditampilkan di sini.
Sementara itu di Solo Jawa Tengah, Imlek diperingati dengan berbagai kegiatan yaitu pemasangan 5000 lampion yang dimulai sejak 17 Januari 2017 lalu. Kemudian kegiatan Grebeg Sudiro di Kampung Suropradjan, atau kirab budaya antara Etnis Tionghua dan Jawa yang mengusung 2 gunungan terbuat dari kue keranjang. Dilaksanakan pada 22 Januari 2017 lalu.
Solo Imlek Fair dengan atraksi barongsai, dan pertunjukkan beragam budaya Indonesia dipertontonkan bersamaan dengan festival kuliner. Acara ini dibuka sampai pusat perayaan Cap Go Meh hingga 11 Februari 2017 mendatang.
Di Singkawang Kalimantan Barat, puncak imlek setiap tahunnya selalu menampilkan Cap Go Meh Singkawang 2017. Bahkan Singkawang terkenal sebagai kota penyelenggara Cap Go Meh terbesar di Asia Tenggara. Atraksinya juga menarik yaitu menampilkan kesaktian suku Dayak-Tionghoa dalam parade Tatung. Tak heran jika acara ini sangat diminati wisatawan domestic maupun manca Negara.(metrotv/sportourism/r7)

Loading...