D-ONENEWS.COM

Pertahun Jumlah Penduduk Indonesia Bertambah 5 Juta Jiwa

Surabaya,(DOC) – Meskipun program Keluarga Bencana (KB) terus digencarkan oleh pemerintah, namun tingkat pertumbuhan penduduk di Indonesia masih tergolong cukup tinggi.

Kepala bidang Advokasi dan Informasi BKKBN Provinsi Jawa timur,  Ernawati, menjelaskan, setiap tahun penduduk Indonesia bertambah sebanyak 5 juta jiwa.

“Singapura saja jumlah penduduknya tak sampai 5 juta. Jadi kalau di Indonesia pertumbuhan penduduk 5 juta berarti kita setiap tahun bisa membuat negara Singapura baru,” jelas Ernawati, saat melakukan sosialisasi ke para ibu-ibu di kampung KB yang dilaksanakan di lapangan Manukan Yoso  Dalam, Sabtu (29/9/2018) malam.

Namun tingginya pertumbuhan penduduk tersebut tidak serta merta terjadi di Jawa Timur. Menurut Ernawati, khusus di Jatim, pertumbuhan penduduk masih cukup terkendali.
Tingkat polupasi yang meningkat setiap tahun ini, terjadi diluar provinisi Jatim dan menjadi penyumbang pertumbuhan penduduk di tingkat nasional.

“Untuk itu pemerintah menggiatkan pembentukan kampung KB. Harapannya warga bisa mengatur jumlah anak dalam keluarga, yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Sedangkan Lucy Kurniasari, anggota komisi 9 DPR RI, mengatakan pihaknya harus mendukung program KB karena bertujuan mensejahterakan keluarga. Dan di sini peran ibu sangat besar untuk  kesuksesan program tersebut.

“Lewat pemaparan BKKBN ini warga tahu manfaat berKB. Selain itu juga tahu program pemerintah lainnya,” jelas Lucy yang hadir dalam acara sosialisasi didampingi oleh M. Machmud, anggota DPRD kota Surabaya.(rob/r7)

Loading...

baca juga