Pesan Presiden Jokowi, Pejabat Politik Jaga Amanah Rakyat

Surabaya,(DOC) – Kasus dugaan korupsi massal yang melibatkan 41 orang anggota DPRD kota Malang Jawa Timur, nampaknya juga menarik perhatian yang cukup serius bagi Presiden Joko Widodo(Jokowi).

Disalah satu agenda kunjungannya ke Surabaya, Presiden Jokowi meminta seluruh para wakil rakyat yang duduk dilembaga legislatif agar bisa menjaga amanah.

“Amanah rakyat harus dijaga, karena rakyatlah yang telah memilih,” ungkap Jokowi dalam sambutannya, usai menyerahkan sertifikat tanah secara massal, Kamis(6/9/2018).

Korupsi massal soal dugaan suap pengesahan APBD kota Malang tahun anggaran 2015 lalu, memang membawa dampak pada menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap para wakilnya dilembaga parlemen. Apalagi tahun depan akan dilaksanakan Pemilihan Legislatif.
Dikhawatirkan masyarakat sudah enggan untuk berpartisipasi memilih para calon legislatif yang akan duduk dilembaga DPR hingga DPRD Provinsi maupun kabupaten/kota.

Tingkat kehadiran masyarakat ke tempat pemungutan suara(TPS) juga dikuatirkan menurun.
“Ada trauma untuk memilih calon legislatif. Makanya kepercayaan itu harus dijaga, karena membangunnya juga membutuhkan waktu yang sangat panjang. Ini juga berlaku untuk semua pejabat politik yang ada di eksekutif dan legislatif,” tandas Presiden Jokowi yang juga mengatakan kepercayaan kalau dijaga dengan baik, maka bukan hanya dipercaya saja, tapi sistem dan roda pemerintahan negeri ini juga akan berjalan membaik.(hadi/r7)