D-ONENEWS.COM

Polri Siapkan 109 Titik Pemeriksaan Selama Arus Balik

ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp.

Jakarta (DOC) – Kepolisian menyiapkan 109 titik pemeriksaan untuk mengantisipasi arus balik Lebaran dengan melakukan tes antigen secara acak bagi warga yang kembali ke Jabodetabek.

“Polri bersama Satgas Covid-19 nasional dan daerah telah menyiapkan 109 titik ‘check point’. 26 di rest area dan gate tol, 83 di titik jalur arteri jalan nasional dari Jawa dan Sumatera menuju Jakarta dengan melaksanakan tes cepat antigen acak mulai hari ini,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol Istiono, dilansir dari Antara, Sabtu (15/5).

Istiono menuturkan arus balik dari wilayah Sumatera menjadi fokus titik pemeriksaan karena kasus positif Covid-19 di wilayah tersebut mengalami kenaikan.

Warga yang kembali dari mudik di wilayah Sumatera wajib membawa surat bebas covid-19 berupa hasil tes antigen maupun PCR.

“Untuk wilayah Sumatera (Aceh sampai Lampung) merupakan wilayah atensi covid-19, oleh karenanya sebelum menyeberang harus dilengkapi surat bebas covid-19,” kata Istiono.

Apabila hasil swab antigen acak yang dilakukan menunjukkan positif, kata dia, akan dirujuk ke rumah sakit terdekat guna penanganan lebih lanjut.

Selain fokus pada pengaturan arus lalu lintas dan pencegahan covid-19 di masa arus balik, Istiono meminta seluruh jajarannya untuk cepat menghadapi dinamika di lapangan seperti kemacetan atau pengemudi yang berupaya menerobos penyekatan.

Lebih lanjut, Istiono juga berupaya mengalihkan arus lalu lintas untuk kendaraan bersumbu tiga ke jalur arteri mulai Sabtu siang ini.

“Untuk truk sumbu tiga ke atas yang melalui jalan tol perlu dilakukan diskresi kepolisian pengalihan truk sumbu tiga ke atas melalui jalur arteri atau non-tol mulai dari Semarang sampai Jakarta,” katanya.

Istiono sebelumnya telah memprediksi puncak arus balik akan jatuh pada Sabtu ini atau pun Minnggu (16/5) besok lantaran warga mulai masuk kerja pada Senin (17/5). (ant)

Loading...

baca juga