D-ONENEWS.COM

Presiden Jokowi Lepas Kontingen Pramuka Ikuti Jambore di Amerika

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia XXIV di Virginia Barat, Amerika Serikat. Acara pelepasan berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (19/7/2019). Presiden mengingatkan para anggota Pramuka yang berangkat untuk selalu menjaga citra positif Indonesia.

“Saya harapkan selama mengikuti jambore kepanduan sedunia adik adik dapat memberi citra positif dengan bersikap ramah, sopan santun, berbudi pekerti luhur dan siap menolong siapapun yang membutuhkan bantuan,” kata Jokowi.

Ada 67 anggota Pramuka yang terpilih untuk berangkat ke Amerika Serikat. Mereka akan mengikuti Jambore dari 22 Juli-2 Agustus. Jokowi mengucapkan selamat kepada anggota Pramuka serta kakak pembina yang terpilih untuk berangkat ke AS.
“Kehadiran kontingen Pramuka bukan hanya sebagai perwakilan organisasi Indonesia tetapi juga merupakan duta bangsa dan duta negara RI. Untuk membawa nama baik, citra, wajah dan semangat keindonesiaan dalam jambore dunia di AS,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, gerakan Pramuka di Indonesia memang harus berperan aktif dalam aktivitas gerakan kepanduan sedunia. Karena sesuai slogannya, para Pramuka menciptakan dunia yang lebih baik.

“Slogan yang sejalan dengan visi dan misi negara kita untuk membangun persaudaraan universal, menciptakan dunia yang lebih baik, damai dan berkeadilan sosial,” kata Jokowi.

Jokowi juga berpesan kepada para anggota Pramuka yang berangkat untuk menimba pengalaman dan persahabatan di alam terbuka bersama anggota kepanduan dari negara lain.

Para anggota Pramuka harus menjadikan pengalaman di jambore ini sebagai bekal dalam membina jiwa kepemimpinan serta meningkatkan kemampuan untuk modal bagi mengembangkan diri.

“Saya berpesan ikuti seluruh rangkaian acara dengan dispilin agar dapat banyak pengetahuan baru. Agar menambah pengalaman, menambah wawasan, sehingga dapat membantu pembangunan berkelanjutan di tanah air demi kelangsungan hidup bangsa dan negara kita Indonesia,” kata Jokowi.

“Dengan mengucap bismillah saya lepas kontingen Indonesia gerakan Pramuka menuju jambore kepanduan sedunia ke-24 di Virginia Barat Amerika Serikat,” ujar dia.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga