D-ONENEWS.COM

PT PAL Resmi Luncurkan KRI Alugoro-405, Kapal Selam Pertama Buatan dalam Negeri

Surabaya (DOC) – Alutsista (alat utama sistem persenjataan) jenis kapal selam buatan anak bangsa pertama resmi diluncurkan, Kamis (11/4/2019), di Dermaga Fasilitas Kapal Selam PT PAL (Persero) Surabaya.

Peluncuran kapal selam yang dinamai KRI Alugoro-405 itu dihadiri Menteri Pertahanan Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Pemberian nama KRI Alugoro-405 secara simbolis diberikan oleh Ibu Nora Ryamizard Ryacudu. KRI Alugoro-405 diproduksi dengan skema transfer teknologi bersama Korea Selatan. Dalam hal ini Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME) Korea Selatan bekerja sama dengan perusahaan plat merah galangan kapal yakni PT PAL (Persero).

“Ada 200 lebih putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang dikirim ke Korea Selatan untuk belajar produksi kapal selam ini,” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, di lokasi peluncuran.

KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam ketiga yang dimiliki TNI Angkatan Laut Indonesia. Dua kapal sebelumnya juga dipesan dari DSME Korea Selatan yakni KRI Nagapasa-403 pada 2017, dan KRI Ardadedali-404 pada 2018.

Sebelumnya, nama Alugoro juga pernah digunakan sebagai nama armada kapal selam yang didatangkan dari Uni Soviet, yakni RI Alugoro-406. Kapal tersebut bagian dari pengiriman 12 kapal selam Whiskey Class dalam kampanye operasi Trikora pada 1962.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga