D-ONENEWS.COM

KPU Jatim Berencana Pinjam Kapal Perang TNI AL Angkut Logistik Pemilu 2019

Surabaya,(DOC) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam menyatakan, pendistribusian logisitik Pemilu 2019 di kepulauan se Jawa Timur akan dilakukan lebih awal, yakni 20 hari sebelum hari pelaksanaan pencoblosan.

“Pendistribusian itu termasuk surat suara Pemilu yang harus terkirim lebih awal. Seperti kepulaun Masalembo, Bawean dan Sumenep,” ungkap Cak Anam panggilan akrab Ketua KPU Jatim, Kamis(28/2/2019).

Mengenai transportasi pengiriman, lanjut dia, KPU Jatim akan berupaya dulu mencari kapal umum di Tanjung Perak Surabaya yang bersedia mengangkut logistik Pemilu 2019. Namun jika tidak ada, maka antisipasinya menggunakan kapal perak milik TNI – AL.

“Sekarang saya sudah mulai berkoordinasi dengan TNI – AL untuk minta bantuan pengiriman logistik dengan Kapal Perang. Jaga-jaga jika transportasi laut di pelabuhan Tanjugn Perak kosong saat dibutuhkan,” tandasnya.

Sementara untuk pendistribusian logisitik di daerah lainnya, kata mantan komisioner KPU Surabaya ini, dijadwalkan sehari sebelum hari pelaksanaan pencoblosan. Terutama di daerah-daerah terdekat seperti wilayah Surabaya.

“Satu hari H sebelum pencoblosan kita distribusikan surat suara untuk TPS-TPS yang mudah dijangkau dan terdekat. Nanti keamanannya menjadi tugas panitia penyelenggara di TPS. Terutama surat suara yang harus di jaga,” pungkasnya.(robby/r7)

Loading...

baca juga