D-ONENEWS.COM

Pura-pura Jadi Petugas PLN, Pelaku Curi Tofoor Panel Gardu PLN

Lumajang, (DOC) – Tim Resmob Polres Lumajang berhasil meringkus pelaku pencurian Tofoor Panel Gardu PLN dan MH Fuse.

Pelaku diketahui bernama Rusman (40) warga Desa Kuterenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang.

Saat dilakukan pengembangan pelaku dihadiahi timah panas oleh petugas karena melakukan perlawanan.

Peristiwa pencurian Tofoor Panel Gardu PLN 1,5 Meter dan 3 buah MH FUSE di Dusun Rejosari Desa Sumberejo Kec. Sukodono Kab. Lumajang terjadi pada Minggu (14/2/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam menjalankan aksinya pelaku berpura-pura menjadi petugas PLN untuk memperbaiki gardu PLN dengan menggunakan baju dan alat – alat PLN. “Pelaku ini melepas dan mengambil Tofoor Panel Gardu PLN 1,5 Meter dan 3 buah MH FUSE milik PLN ULP Lumajang,” Ujar Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Masykur.

Lalu, setelah berhasil mengambil Tofoor Panel Gardu PLN 1,5 Meter dan 3 buah MH FUSE pelaku kabur menuju arah utara.

Namun, aksi pelaku untuk kabur dihentikan oleh petugas PLN kemudian dibawa ke Polsek Sukodono setelah menerima “Sesampai di Dusun Rejosari pelaku di hentikan oleh petugas PLN kemudian di amankan dan di serahkan ke petugas Polsek Sukodono,” ujarnya.

Sementara barang bukti berhasil diamankan yakni sebuah Tofoor Panel Gardu PLN 1,5 Meter dan 3 buah MH FUSE. “Saat ini tersangka mendekam di sel tahanan Mapolres Lumajang,” ungkap Masykur.

Sementara menurut, Manager PLN Lumajang Hendik Purwahyudi, pihaknya mendapatkan laporan dari warga bahwa ada orang yang mencurigakan indikasi akan melakukan pencurian material di Gardu.

Setelah mendapatkan laporan, petugas PLN meluncur ke lokasi untuk mengecek. “Petugas PLN membuntuti orang yang dicurigai warga, dan berhasil menangkap pelaku, kemudian menyerahkan ke Polsek Sukodono dengan sejumlah barang bukti,” ujarnya.

Pelaku ini dikatakan, Hendik kemungkinan pernah melakukan aksinya di wilayah Lumajang, Klakah, dan Jember di Kencong, Rambipuji, serta Tanggul. “Kurang lebih ada 6 lokasi pencurian hal yang sama. Apakah ini pelaku yang sama melakukan pencurian, kita tunggu hasil pengembangan dari kepolisian,” jelas Hendik.

Manajer PLN mengucapkan banyak terima kasih kepada warga sudah membantu PLN Lumajang. “Kami juga mengucapkam banyak terima kasih kepada pihak kepolisian khususnya polres Lumajang sudah mengamankan tersangka,” pungkasnya. (Imam/Fr)

Loading...