Rebut Penghargaan Bergengsi, GM Bandara Juanda Lakukan ini

Sidoarjo, (DOC) – Bandara Internasional Juanda baru saja memperoleh penghargaan prestisius nasional maupun internasional. Sebagai wujud syukur dan terima kasih GM dan jajaran pimpinan Bandara Juanda berikan bingkisan kepada sejumlah staf bandara.

Kualitas layanan di Bandara Juanda dinilai menjadi yang terbaik ketiga dunia untuk kategori bandara dengan jumlah penumpang 15-25 juta per tahun. Penghargaan tersebut diberikan pada ajang Airport Service Quality (ASQ) 2017 yang dilaksanakan di Helifax Kanada Rabu (12/9). Event tahunan ini diinisiasi oleh Airports Council International (ACI).

Dari level Nasional, Bandara Juanda berhasil meraih predikat Pelayanan Prima Madya pada Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Kementerian Perhubungan RI.

Penilaian ASQ Awards 2017 dilakukan berdasarkan survei kepuasan terhadap layanan Bandar Udara. Sekitar 600 ribu orang pengguna jasa Bandar Udara menjadi partisipan survei ini setiap tahunnya. Sejak 2006, ASQ telah melakukan pengukuran kepuasan pengguna jasa Bandar Udara, dengan lebih dari 340 Bandar Udara yang berpartisipasi di 85 negara.

Sedangkan Pelaksanaan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik sektor transportasi di Lingkungan Perhubungan dilakukan oleh Tim Penilai Independen yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 616 Tahun 2018 yang terdiri dari wakil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombusdman, Kantor Staf Kepresidenan, Akademisi, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Pengamat Transportasi dan perwakilan jurnalis.

General Manager Bandara Juanda Heru Prasetyo menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang berhasil diraih. Menurut dia, prestasi berhasil diraih berkat sinergi antar setiap stakeholder yang bekerja dengan baik dan maksimal.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, khususnya TNI AL dalam hal pengamanan terutama saat terjadi situasi darurat teror beberapa waktu lalu sehingga Bandara Juanda tetap dapat beroperasi normal, aman, dan kondusif,” ujar Heru.

Bagi Heru, penghargaan ini sebagai motivasi dan menguatkan komitmen untuk melakukan perbaikan secara terus menerus dalam meningkatkan standar pelayanan terhadap pengguna jasa Bandara. “Faktor kebersihan, kecepatan pelayanan dengan tetap melaksanakan prinsip utama keamanan dan keselamatan penerbangan,” ujar Heru

Selain itu guna menciptakan pengalaman menyenangkan di bandara, pihaknya juga menghadirkan hiburan di ruang tunggu keberangkatan penumpang. Peningkatan kapabilitas petugas operasional baik Aviation Security dan Customer Service juga dilakukan melalui pelatihan Bahasa Inggris.

Hal ini dilakukan untuk mendukung pelayanan kepada wisatawan mancanegara. Dari sisi operasional, dalam waktu dekat fasilitas self check-in service juga akan dioperasikan untuk memudahkan penumpang.

Penyampaian ungkapan apresiasi atas penghargaan dilaksanakan Heru Prasetyo beserta jajaran, Rabu (19/9)berupa pemberian bingkisan souvenir dan ucapan terima kasih secara langsung oleh jajaran manajemen Bandara Juanda kepada para petugas lapangan diantaranya petugas counter check in, trolley man, hingga petugas kebersihan.

Selain itu, dilaksanakan pula acara apresiasi stakeholder yang mengundang pimpinan instansi komunitas bandara. “Tidak ada ungkapan lain selain rasa terima kasih kepada seluruh stakeholder atas dedikasinya yang secara bersama memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa bandara,” ujar Heru.

Dirinya pun optimis prestasi tersebut dapat terus dipertahankan dengan menekankan pada sinergi dan kolaborasi antar stakeholder. “Mempertahankan tentu lebih menantang daripada meraihnya. Namun kami percaya dengan kekuatan kebersamaan, seluruh stakeholder memegang peran penting sesuai bidang tugasnya dan kolaborasi adalah kunci,” pungkasnya. (Ps)