D-ONENEWS.COM

Rekapitulasi Suara Pilkada Makassar Diwarnai Bentrokan antar Pendukung

Makassar (DOC) – Pilkada serentak di wilayah Makassar memicu aksi kekerasan. Bentrokan antar pendukung pun pecah saat rekapitulasi suara di tingkat Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Pilkada Kota Makassar, tadi malam.

Bentrokan terjadi di dua lokasi yakni di kantor Kecamatan Mariso dan kantor Kecamatan Bontoal, Minggu (1/7/2018) sekitar pukul 23.00 Wita. Dalam bentrokan itu, seorang jurnalis Metro TV, Faisal Wahab yang sedang melakukan peliputan terluka terkena lemparan batu.

Kericuhan terjadi antara massa pendukung Appi-Cicu di depan kantor Kecamatan Mariso. Massa marah lantaran melihat pelaksana tugas (Plt) Camat Mariso datang ke kantornya yang dijadikan lokasi rekapitulasi suara pada malam hari.

Massa pun mengusir Plt Camat Mariso dan situasi terus memanas. Tidak lama berselang, datang belasan anggota Pemuda Pancasila (PP) berseragam loreng orange. Massa Appi Cicu pun langsung marah dan menyerang anggota Satpol PP dan melempari batu.

Wartawan Metro TV yang sedang melakukan peliputan di lokasi bentrokan terkena lemparan batu hingga kepala bagian kirinya robek dan mendapat pertolongan tim medis RS Bhayangkara.

Bentrokan pun berhasil redam, setelah aparat Polsekta Mariso dibantu pasukan Brimob Polda Sulsel menenangkan situasi. Polisi pun meminta anggota PP meninggalkan lokasi agar tidak terjadi bentrokan susulan.

Hanya berselang beberapa menit, bentokan serupa terjadi di depan kantor Kecamatan Bontoala antara massa pendukung kotak kosong dengan massa Appi-Cicu. Massa pendukung kotak kosong sejak siang berkumpul di depan kantor Camat Bontoal. Kemudian datang massa pendukung Appi-Cicu.

Massa pendukung kotak kosong pun terpancing dan mengejar massa Appi-Cicu yang datang. Aksi kejar-kejaran dan saling lempar batu pun tak terhindarkan. Aparat kepolisian yang berjaga di sekitar kantor Camat Bontoala yang menjadi lokasi rekapitulasi suara Pilkada Makassar berhasil meredam bentrokan tersebut.

Sementara itu, beberapa lokasi rekapitulasi Pilkada Makassar juga terjadi kericuhan sejak Minggu (1/7/2018) sore hingga malam hari. Kericuhan juga terjadi di kantor Kecamatan Makassar, Kecamatan Tallo dan Kecamatan Tamalanrea.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga