D-ONENEWS.COM

Revitalisasi Kali Lamong Terkendala Pembebasan Lahan di Empat Daerah

Foto: Revitalisasi Sungai Kali Lamong

Surabaya,(DOC) – Luapan air Kali Lamong belum bisa tertangani di tahun 2020 ini, akibat revitalisasi tanggul Kali Lamong terkendala oleh pembebasan lahan yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten/Kota. Rencananya penanggulan  dan revitalisasi Kali Lamong baru bisa terlaksana pada tahun 2021 mendatang.

Menurut Plh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai, Sigianto, dana untuk pembuatan tanggul sudah di siapkan dari APBN sebesar Rp 1.04 tilliun. Kini tinggal menunggu kabupaten/kota menyelesaikan pembebasan lahan di wilayahnya masing-masing.

Ia menjelaskan, pembebasan lahan terbagi di empat wialayah yaitu Mojokerto, Surabaya, Lamongan dan Gresik dengan luas lahan yang akan di bebaskan  sekitar 149 hektar.

“Anggaran pembebasan lahan mencapai Rp 600 miliar,” katanya.

Terpisah, Anggota Komisi D DPRD Jatim, Hidayat menghimbau kepada setiap daerah untuk segera mempercepat upaya pembebasan lahan. Jika dibutuhkan, kata dia, pihak pemda bisa berkoordinasi dengan Pemprov Jatim soal anggaran pembebasan lahan.

“Pembebasan lahan itu pokok dari pembangunan tanggul Kali Lamong. Pemda bisa berkoordinasi dengan Pemprov jika tak memiliki cukup anggaran,” pintanya.(div)

Loading...