D-ONENEWS.COM

Ribuan Hektar Lahan Pertanian di Jatim Gagal Panen, Sebagian Tak Dapat Ganti Dari Pemprov Jatim

Surabaya,(DOC) – Banjir yang merendam 18 kota/kabupetan di Jawa Timur beberapa waktu lalu, telah merusak ribuan lahan pertanian hingga mengalami gagal panen.

Data di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, menyebutkan, sedikitnya terdapat 5.973 lahan pertanian yang mengalami kerusakan parah hingga gagal panen, akibat tergerus dampak banjir.

“Ribuan lahan pertanian tersebut tersebar di Bojonegoro, Ponorogo, Tuban, Madiun, Lamongan, Gresik, Trenggalek dan Tulungagung,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, Hadi Sulistyo, Sabtu(16/3/2019).

Dari total lahan pertanian yang rusak itu, lanjut Hadi, sebanyak 3.977 hektar mendapat ganti rugi dari Dinas Pertanian Jatim. Sedangkan sisanya hanya mendapatkan bantuan benih saja.

“Sebanyak 1.960 petani yang lahannya rusak akibat banjir tak menerima ganti rugi, karena lahannya telah diikutkan AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi,red). Mereka hanya mendapatkan bantuan benih dari Dinas Pertanian Jatim. Itupun bila Pemda setempat membutuhkan,” katanya.

Ia menjelaskan, program AUTP yang telah diikuti para petani di Jatim, selama ini dikelola oleh lembaga asurani Jasindo.

Diwilayah Jawa Timur sendiri, terdapat 1,1 juta hektar total lahan pertanian, termasuk lahan pertanian yang mengalami gagal panen akibat tergerus air banjir.(div/r7)

Loading...