D-ONENEWS.COM

Rumah Warga Kampung Renteng Ini Selamat Dari Terjangan Lahar Gunung Semeru

Lumajang,(DOC) – Erupsi Gunung Semeru telah merusak puluhan rumah di Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Meski demikian, ternyata ada satu rumah yang masih berdiri tegak setelah diterjang awan panas Gunung Semeru.

Pantuan Donenews.com tampak rumah tersebut bentuknya masih bagus dan terlihat kokoh dibandingkan rumah penduduk lainnya habis tenggelam oleh lahar Gunung Semeru.

“Rumah ini adalah salah satu rumah yang selamat, rumah dan truk yang ada disekitarannya sudah tertimbun lahar erupsi Gunung Semeru,” Ujar Budi salah satu warga yang melihat rumah berdiri kokoh.

Rumah yang selamat dari terjangan lahar panas tersebut diketahui bernama Wadiman (55) atau disapa Pak Roh.

Rumah yang disapa pak Roh ini hanya teras rumahnya terlihat kotor oleh abu vulkanik.

Menurut Wagiman dirinya selalu rajin shalat lima waktu, dan bersedekah kepada orang lain, serta berhubungan baik kepada warga, tetangga, dan saudara.

Bahkan ia tak segan membantu para tetangga yang membutuhkan tanpa pamrih.

“Setiap Maghrib selalu baca surat Yasin 3 kali, dan surat Al Ikhlas 21 kali,” ujar wagiman.

Saat kejadian ia sedang beratifitas mengambil pohon kelapa. Tidak lama kemudian Wagiman melihat kepulan asap awan panas dari arah barat. Kemudian turun untuk mengabarkan kepada 8 kelaurganya.

“Saya bersama keluarga menyelamatkan diri, Alhamdulillah bersukur 8 orang selamat semua dari erupsi Gunung Semeru,” Ujar Wagiman.

Diketahui Gunung Semeru yang diketahui meletus pada Sabtu 4 Desember 2021 sekitar pukul 15:00 WIB membuat rumah bangunan tertimbun lahar, dan menelan puluhan korban jiwa. (Imam)

Loading...

baca juga