D-ONENEWS.COM

Puluhan Rumah Warga Rusak di Pronojiwo

Puluhan Rumah Warga Rusak di Pronojiwo LumajangLumajang,(DOC) – Puluhan rumah warga rusak dan pohon tumbang telah menimpa sejumlah kawasan di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Peristiwa yang di akibatkan oleh hujan deras dan angin puting beliung itu, terjadi sekitar pukul 15.40 WIB, Kamis(7/4/2024) sore.

Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Patria Dwi Hastiadi menjelaskan, bencana alam angin puting beliung di sertai hujan deras menerjang Desa Sidomulyo, dan Desa Pronojiwo. “Terdata awal di Desa Sidomulyo ada 18 rumah rusak dan di Pronojiwo ada 6 rumah rusak,” katanya.

Sebagian kerusakan, lanjut Patria, terjadi pada bagian atap dan genteng bangunan. “Tidak ada korban jiwa. Kita fokus assesment rumah tempat tinggal yang rusak,” tuturnya.

Ia menambahkan, warga terdampak tidak di ungsikan dan tetap tinggal di rumahnya, meskipun dalam kondisi rusak. Menurut Patria, rumah warga yang rusak sebagian besar pada atapnya, sehingga masih bisa di tempati warga. BPBD hanya menyediakan bantuan terpal pengganti atap rumah yang rusak.

“Agar rumah yang rusak bisa di tempati, BPBD menyediakan bantuan terpal pengganti atap yang di rusak akibat hujan deras dan puting beliung,” ungkapnya.

Assesment detail akan di laksanakan BPBD Lumajang pada hari kedua pasca terjadinya bencana, yakni pada Jumat(8/3/2024). Selain itu bantuan kebutuhan sehari-hari juga akan di berikan beserta terpal.

“Assesment detail akan menjadi bahan jenis intervensi bantuan yang akan di berikan Pemkab Lumajang nanti,”pungkasnya.(mam/r7)

Loading...

baca juga