D-ONENEWS.COM

Sebagai Bentuk Apresiasi, PSRI Jatim Gelar Kejurda Open Water Swimming

Surabaya, (DOC) – Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jatim menggelar Kejurda Open Water Swimming (OWS) pada 20-21 Nopember 2021 di Jasalindo Watersport, Bungatan Situbondo.

Seperti yang dikatakan Reswanda, selaku Ketua Umum PRSI Jatim, Kamis (18/11/2021). Di gelarnya Kejurda renang perairan terbuka atau lebih di kenal Open Water Swimming (OWS) ini merupakan kejuaraan pertama di gelar sebagai bentuk apresiasi KONI dan PRSI Jatim, atas prestasi OWS Jatim di PON XX 2021 Papua kemarin.

“Dalam pagelaran PON XX 2021 kemarin, OWS Jatim berhasil menjadi juara umum dengan merebut 4 medali emas dan 2 perak dari 6 nomor event yang di pertandingkan,” ujar Riswanda, Kamis (18/11/2021).

Lebih lanjut Reswanda menjelaskan Kejurda OWS ini hanya diikuti perenang yang tidak ada dalam long list PON XX Papua lalu. Hal ini untuk memberi kesempatan untuk pembibitan atau regenerasi atlet renang OWS Jatim di PON 2024 mendatang, terlebih yang dipertandingka hanya nomor 1000 Meter dan 2000 Meter.

Selain itu untuk peserta harus berusia di atas 12 tahun, karena berenang di laut mempunyai resiko yang tidak sama dengan renang di kolam renang.

Sebelum pertandingan resmi juga dilakukan percobaan (trial) yang akan di laksanakan Sabtu (20/11/2021), sedangkan Minggu (21/11/2021) baru pelaksanaannya.

Sementara itu, peserta yang terdaftar sebanyak 85 perenang. “Dengan digelarnya kejurda ini, kami sebagai Ketum PRSI jatim berterima kasih pada KONI Jatim, Bupati Situbondo, KONI Situbondo, Dispora Situbondo dan khususnya kepada Jasalindo Sports dalam hal ini Bqpak Arman Van Kempen yang telah memfasilitasi tempat maupun peralatan pendukung yang di pergunakan pada Kejurda ini,” imbuhnya.

Kejurda ini juga menerapkan standar keselamatan dan Protokol kesehatan (prokes) Covid -19 sesuai ketentuan. PRSI Jatim juga berkolaborasi juga dengan FTI Jatim yang mendukung dengam Sistem Aplikasi pelaksanannkejuaraan dengan teknologi terbaru dalam pelaksanaannya.

“Tempat kejurda OWS ini juga akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan OWS PORPROV l 2022 mendatang. Jadi event ini sekalian sebagai ajang Trial Event OWS untuk Porprov Jatim 2022,” ungkapnya.

Sementara itu Binpres PRSI Jatim, Chusaini Matleq menyampaikan, bahwa sangat senang dengan digelarnya kejurda OWS ini, yang merupakan kejurda OWS pertama kalinya dan untuk memperkenalkan nomor baru ke perenang-perenang Jatim serta masyarakat umum, yakni renang perairan terbuka (OWS). “Selain itu untuk regenarasi atlet agar nantinya PRSI Jatim tidak kehabisan stok renang OWS,” tandasnya. (r7)

Loading...

baca juga