D-ONENEWS.COM

Surabaya Perlu Rumah Sakit Tipe-D, Usulan Komisi D Untuk Optimalkan Layanan Kesehatan

Surabaya,(DOC) – Untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan di kota Surabaya hingga di tingkat bawah, Komisi D DPRD kota Surabaya mengusulkan pembangunan rumah sakit tipe D.

 

Ketua Komisi D DPRD, Agustin Poliana menyebutkan, penambahan  rumah sakit tipe D diperlukan, karena menjadi rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat satu, seperti puskemas, klinik maupun dokter pribadi.

 

“Sekarang ini kan jumlah rumah sakit tipe D di Surabaya terbatas,” terangnya Sabtu(24/11/2018).

 

Agustin mengatakan, rumah sakit tipe D di Kota Surabaya sebagian besar merupakan milik swasta. Untuk itu, pihaknya mendorong, pemerintah kota untuk membangun rumah sakit tersebut.

 

“Jadi, tak hanya swasta. Pemerintah juga perlu menyediakan rumah sakit tipe itu,” paparnya.

 

Komisi D mengusulkan, anggaran pembangunan diambil dari anggaran pembangunan pengelollan limbah B-3 yang ditolak karena belum ada Detail Enggenering Detail (DED). Agustin memperkirakan, untuk membangun rumah sakit tipe D membutuhkan anggaran sekitar Rp. 20 M.

 

“Dana pembuatan IPAL B3 yang ditolak dikembalikan untuk bangun rumah sakit tipe D,” jelasnya.

 

Politisi PDIP ini mengaku, ada beberapa usulan dari kalangan dewan mengenai lokasi pembangunan rumah sakit tipe D. Selain di kawasan Surabaya Timur, keberadaan rumah sakit juga dibangun di daerah selatan.

 

“Yang penting ada tanahnya dulu, karena untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tegasnya.(robby/r7)

Loading...

baca juga