D-ONENEWS.COM

Jaringan Pipa PDAM Akan di Rehabilitasi Secara Bertahap

Surabaya,(DOC) – Pasca kebocoran pipa di Ngagel, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya secara bertahap akan mengganti seluruh jaringan pipa yang sudah tertanam lama.

Direktur Utama (Dirut) PDAM, Mujiaman Sukirno, mengungkapkan, rehabilitasi pipa wajib dilakukan agar tak ada kebocoran lagi.

“Setiap tahun terus kita lakukan,” ujarnya

Mujiaman menyebutkan, total jumlah pipa PDAM yang terpasang di seluruh kawasan kota sepanjang  6.000 KM. Tiap tahun, PDAM melakukan penggantian pipa sepanjang 150 KM.

“Dalam waktu 40 tahun seluruh pipa sudah diganti,” jelasnya, Sabtu (24/11/2018).

foto : Mujiaman Sukirno

Ia memperkirakan, anggran yang dibutuhkan untuk penggantian pipa per kilometernya mencapai Rp. 1 M. Pipa yang diganti, ukurannya besar maupun kecil. Mujiaman khawatir, jika tak ada penggantian pada masa yang akan datang akan banyak kebocoran.

“Kalau tak diganti, ada kebocoran atau ada yang pecah,” tegasnya.

Dirut PDAM ini menilai, rehabilitasi pipa biasanya tak mengganggu lalu lintas di jalan. Pasalnya, pengerjaannya hanya menambah pipa di sebelah pipa lama, kemudian setelah siap tinggal dikoneksikan.

“Kalau mengganggu, jika ada proyek box culvert,” terang Mujiaman.

Selama ini, proses penggantian pipa dilakukan pada kaasan yang rawan terjadi kebocoran, diantaranaya di jalan Kalianak.(robby/r7)

 

Loading...

baca juga