D-ONENEWS.COM

Tanggul Citarum Jebol Banjiri Pemukiman Warga, Mensos Turun Dirikan Posko dan Dapur Umum

Bekasi,(DOC) – Tanggul Sungai Citarum di Desa Sumberurip Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi jebol. Ratusan warga di Kampung Babakan Banten terendam banjir sejak Minggu (21/2/2021) dini hari.

Seorang warga Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi dari Al Ikhwan Foundation Ayung mengatakan, tanggul Sungai Citarum yang jebol diperkirakan sekitar 50 meter.

“Ketinggian air di pemukiman sekitar 1,5 meter, sekarang sudah seatap rumah,” katanya, Minggu (21/2/2021).

Warga kini mengungsi di sepanjang Tanggul Citarum dan Irigasi setempat. Menurut dia, warga setempat butuh dievakuasi.
Sementara call center BPBD Kabupaten Bekasi di 081219071900 yang sempat dibagikan melalui akun Pemkab Bekasi, sulit dihubungi, bahkan tidak aktif.

Sebuah tayangan video warga yang diunggah di media sosial siang hari, bernama Siti Kodijah menyatakan kondisi sama, bahwa warga Kampung Babakan Banten terjebak banjir dan butuh dievakuasi.

“Assalamualaikum ini saya Siti Kodijah dari warga Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. Di sini terjadi tanggul jebol Kali Citarum tepatnya di Babakan Banten. Di sini saya kejebak banjir pak, lari ke irigasi pada limpas saya nggak tahu lari kemana sedangkan ini air sudah ngepung kita, sudah meluap banget, jadi mohon kirim Tim SAR, perahu karet sebanyak-banyaknya pak, soalnya di sini ada 300 sampai 400 warga,” katanya.

Mengetahui laporan warga, petugas dari Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, langsung menuju lokasi dengan perahu karet untuk melakukan evakuasi.

Sementara itu, Kementrian Sosial RI, Minggu(21/2/2021), langsung mengirim bantuan logistik ke para korban.

Foto: Mensos Risma bungkusi nasi untuk warga korban banjir akibat jebolnya tanggul Citarum Bekasi

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, langsung meninjau lokasi bencana di sekitar kampung Babakan, desa Sumber Urip, Kec. Pebayuran Kab. Bekasi, Dekat SMK Tongsidan, Minggu(21/2/2021) malam.

Mantan Wali Kota Surabaya itu, langsung memimpin tim Kemensos untuk mendirikan posko dan membuka dapur umum.

“Ayo ndang cepet Ayo. Lainnya kelaparan itu,” ungkap Mensos Risma saat memimpin pendirian dapur umum.(r7/sc)

Loading...

baca juga