D-ONENEWS.COM

Target BIAN 178.876 Anak se Surabaya, Dinkes Akui Capaian Masih Rendah

Surabaya,(DOC) – Dinas Kesehatan Kota Surabaya telah menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), sejak 1 Agustus lalu.

Pelaksanaan BIAN di dasari Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal P2P No. SR.02.06/II/1589/2022 tentang Bulan Imunisasi Anak Nasional Tahun 2022.

Kepala Dinkes Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan sasaran BIAN adalah anak usia 9-59 bulan.

Di Surabaya, anak usia itu sebanyak 178.876 anak. Mereka akan mendapatkan imunisasi untuk melindungi dan mencegah dari terjangkitnya penyakit.

“Total sasaran anak usia 9-59 bulan di Surabaya sebanyak 178.876 anak. BIAN ini adalah pemberian imunisasi Campak-Rubella, serta melengkapi dosis imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat,” kata Nanik, Kamis(4/8/2022).

Ia menjelaskan, cakupan BIAN di Surabaya sampai tanggal 2 Agustus masih rendah, yakni sebanyak 9.244 anak atau 1,92 persen.

Hal ini di sebabkan para orang tua balita yang khawatir dan takut akan reaksi wajar pasca imunisasi.
“Karena kurangnya pengetahuan mengenai manfaat dan mekanisme penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI),” jelas dia.

Ia meminta para orang tua tidak panik atau khawatir untuk mengikuti imunisasi sebagai salah satu upaya penting intervensi kesehatan masyarakat terhadap penyakit yang dapat di cegah dengan Imunisasi (PD3I).

“Maka di himbau untuk seluruh orang tua yang mempunyai anak usia 9-59 bulan agar berperan aktif ikut serta dalam pelaksanaan BIAN,” ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya Rini Indriyani telah melakukan roadshow atau tinjauan pelaksanaan BIAN di beberapa Posyandu di Kota Pahlawan. Karenanya, pemkot menargetkan 100 persen anak-anak di Kota Surabaya mendapatkan imunisasi.

“Kita lengkapi imunisasi untuk anak-anak pada bulan Agustus ini, jadi serentak terlaksana. Harapan kami, satu bulan ini mencapai target 100 persen anak-anak Surabaya mendapatkan imunisasi,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga