D-ONENEWS.COM

Tekad Kemensos Perjuangkan PPKS Hidup Layak, Assemen Rusunawa ke Lapangan

Foto : Tim Assemen Kemensos temui PPKS

Jakarta,(DOC) – Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Handayani Jakarta terus melakukan asesmen terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang akan menempati Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus, Jakarta Timur.

Hal ini sebagai bentuk perlindungan dan pemenuhan kebutuhan dasar para PPKS dari Kemensos dalam mewujudkan tempat tinggal, serta lingkungan hidup yang lebih baik.

Pembangunan Rusunawa yang di gagas oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di khususkan untuk PPKS. Meliputi pemulung, gelandangan, pengemis, manusia gerobak, Lansia terlantar, dan warga dengan masalah sosial lainnya yang memenuhi kriteria. Seperti warga yang telah berkeluarga, namun belum memiliki tempat tinggal. Mempunyai penghasilan dan dapat membayar sewa dengan jumlah tertentu dan telah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Menggandeng Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Nara Kreatif, Tim Asesmen Sentra Handayani turun ke lapangan menemui PPKS yang bersedia tinggal di Rusunawa. Tim mengajak mereka pindah ke rumah yang lebih layak dan lebih sejahtera secara sosial.

Muhammad Yahya (25), yang akrab dengan nama panggil Aceng, merupakan salah satu PPKS yang menerima ajakan Kemensos untuk menempati Rusunawa.

Pekerjaan Aceng setiap harinya sebagai pemulung dan tinggal di rumah kontrakan yang baru ia tempati bersama istri dan dua anaknya selama empat hari dengan biaya sewa Rp 400.000/bulan.

Ketika di temui tim Sentra Handayani, Aceng mengutarakan keinginannya untuk menempati Rusunawa tersebut.

“Saya minat sekali untuk tinggal di Rusun biar ngurangin beban. Karena sebelumnya saya tinggal di daerah sini juga, tapi biaya sewa mahal,” ungkap Aceng.

Penghasilan Aceng sekitar Rp. 150.000 – Rp. 350.000/bulan. Untuk itu dia berharap dapat segera menghuni Rusunawa milik Kemensos agar dapat menekan pengeluaran. Terutama untuk sewa tempat tinggal bersama istri dan anak-anaknya.

Rusunawa Kemensos nanti, di lengkapi sarana prasarana yang memadai. Seperti tempat parkir, jaringan air bersih, sanitasi, listrik, toilet umum, dapur umum, ruang serbaguna, kantin dan kios.

Selain itu, pada setiap kamarnya nanti,  juga tersedia tempat tidur, toilet, lemari, meja dan kursi yang layak sebagai hunian para PPKS.(hm/r7)

 

Loading...

baca juga