D-ONENEWS.COM

Tekan Angka Stunting Balita, Selvi Ananda Ingatkan Pentingnya Konsultasi Pranikah

Solo,(DOC) – Ketua Tim Penggerak (TP) Ibu-ibu PKK Kota Surakarta, Selvy Ananda menghadiri pembinaan dan pelatihan UPPKA Kampung KB Percontohan (COE) Pucangsawit Kecamatan Jebres, bertempat di Taman Cerdas Pucangsawit, Kamis(26/5/2021).

Didampingi perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Farida dan rombongan, serta Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surakarta, Purwanti S.K, M. M. Kes. TP PKK menyerahkan ATTG (Alat Teknologi Tepat Guna) kepada Kepala Dinas PP dan KB Surakarta bantuan dari BKKBN dan hibah ristekdikti dari Universitas Aisyiyah Surakarta.

Penyerahan bantuan berupa peralatan elektronik dan perlengkapan dapur diharapkan dapat memberikan manfaat dalam usaha meningkatkan pendapatan keluarga akseptor.

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK menyampaikan pesan untuk terus memberdayakan kegiatan yang ada untuk meningkatkan ekonomi ditengah pandemi.

“Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus di uri-uri, dijamin keberlangsungannya. Sudah ada bantuan fasilitas yang saya harap dapat dimanfaatkan dengan baik untuk setidaknya menambah pemasukan dan mulai memulihkan ekonomi dikala pandemi” ujaranya

Selanjutnya Selvi Ananda juga mengingatkan terkait bahaya stunting, serta perlunya upaya menekan angka stunting di Kota Solo dengan memberikan sosialisasi berupa pendidikan pranikah dikalangan remaja.

“Kita harus memberikan edukasi kepada para remaja, berupa pendidikan pranikah, kita ingatkan setiap calon untuk mempersiapkan fisik dan mental untuk dapat meminimalisir stunting sedari dini” pangkasnya

Selain itu pada laporan yang disampaikan Kepala Dinas PP dan KB, saat ini terdapat 75 UPPKA yang tersebar di 54 kelurahan dan setiap UPKAA memiliki spesifikasi masing-masing. UPPKA Pucangsawit sendiri  berawal dari usaha pembuatan lambang garuda dan saat ini jenis usaha yang dijalankan sudah bertambah dan beragam.

Dengan adanya pelatihan dan pembinaan ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas keterampilan para ibu rumah tangga.(jj/r7)

 

Loading...

baca juga