Tekan Angka Stunting Dengan Kampanye Germas

Tidak ada komentar 118 views

Batu,(DOC) – Dinas Kesehatan(Dinkes) Provinsi Jawa Timur bersama Dinkes Kota Batu menggelar Pencanangan Gerakan “Menjamin Ibu Hamil Cukup Gizi untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan yang Berkualitas agar Ibu Selamat, Bayi Sehat” di Balai Among Tani Kota Batu, Selasa(21/8/2018).

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dr. Suprianto, SH, MH mengatakan bahwa tantangan kita saat ini adalah konsumsi pangan masyarakat banyak yang tidak sesuai kaidah gizi seimbang.

“Konsumsi sayur dan buah masyarakat kita masih rendah, padahal kita memiliki hasil sayur dan buah berkualitas” tambahnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Prov Jatim, drg. Vitria Dewi, M.Si yang hadir mewakili kepala dinas mengatakan bahwa pemenuhan gizi seimbang merupakan dasar untuk menyehatkan bangsa yaitu dengan mengkonsumsi makanan beragam dengan memperhatikan jumlah dan proporsinya, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, melakukan aktifitas fisik serta mempertahankan berat badan normal.

“Kampanye ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang gizi seimbang pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK) mulai dari dalam kandungan hingga anak usia 2 tahun” kata Vitri.

Harapannya untuk menekan angka stunting di Jawa Timur yang masih 26,7 persen. Angka ini sebenarnya sedikit lebih rendah dibandingkan angka nasional yaitu 27,5 persen tapi tidak bisa dipungkiri ada beberapa kabupaten/kota yang angka stuntingnya masih tinggi.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengakui salah satu alasan penyelenggaraan kampanye germas di kota Batu ini karena tingginya angka stunting disini.

“Ada 35.1 persen” katanya.

Dewanti akan menindaklanjuti hasil survey Kemenkes ini dengan melakukan pengukuran dan penimbangan berat badan di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini.

Dalam kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Suprianto dan Walikota Batu, Dewanti Rumpoko beserta wakil, Punjul Santoso, sekretaris daerah dan ketua tim penggerak PKK  menyerahkan Pemberian Makanan Tambahan bagi sekitar 400 orang anak sekolah, balita dan ibu hamil yang hadir.

Selain itu, Suprianto didampingi dinkes Prov Jatim dan dinkes Kota Batu berkesempatan mengunjungi pasien stunting di desa Sumberejo, kota Batu.(lm/r7)