D-ONENEWS.COM

Transformasi Air di Surabaya, Reservoir Mbah Ratu dan Inovasi PDAM Menuju Masyarakat Sehat

Surabaya, (DOC) – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi meresmikan Reservoir Mbah Ratu, Rumah Pompa Air Baku Tambahan IPAM Karangpilang, dan melakukan rehabilitasi jaringan pipa PDAM Surya Sembada sepanjang 142 kilometer. Peresmian tersebut dilakukan di kantor Kecamatan Krembangan yang baru di Jalan Ikan Trowani Nomor 1 Perak Barat, Krembangan, Surabaya, pada Selasa (30/1/2024).

“Alhamdulilah target untuk aliran air PDAM ke seluruh wilayah Surabaya telah tercapai pada tahun 2023,” ungkap Eri.

Di tahun 2023 lalu, PDAM juga berhasil mengukur tekanan air. Selanjutnya, PDAM akan fokus pada tagline “air sehat untuk masyarakat” di tahun 2024.

“Jika warga ada masalah dengan kualitas air, bisa lapor ke PDAM sebagai langkah untuk meningkatkan pelayanan,” ujarnya.

Ia menekankan, upaya menuju air sehat membutuhkan tahapan seperti penggantian pipa dan peningkatan tekanan.

“Karena itu, matur nuwun kepada PDAM atas pelayanan maksimal untuk warga Surabaya,” kata Eri.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama PDAM Arief Wisnu Cahyono, memastikan bahwa pihaknya telah mematuhi arahan Wali Kota untuk menyediakan air PDAM kepada seluruh warga.

“Kami telah menyelesaikan tiga proyek, termasuk Reservoir Mbah Ratu dan Rumah Pompa Air Baku Tambahan IPAM Karangpilang,” paparnya.

Dia mengatakan, Rumah Pompa Mbah Ratu memiliki kapasitas reservoir 1.800 meter kubik dan membantu meningkatkan tekanan air ke pelanggan, khususnya di Surabaya Utara.

Selain itu, PDAM juga telah membangun Rumah Pompa Air Baku Tambahan IPAM Karangpilang untuk menjaga kehandalan unit IPAM Karangpilang. PDAM juga sukses merehabilitasi jaringan pipa sepanjang 142 kilometer untuk meningkatkan kualitas aliran air.

“Pipa baru yang lebih besar dan bersih diharapkan dapat meningkatkan kelancaran aliran air dengan kualitas yang lebih baik,” pungkas Arief. (r6)

Loading...

baca juga