D-ONENEWS.COM

Vaksinasi Covid-19 Segera Dilakukan, Ini Efek Samping yang Bakal Dirasakan

Jakarta (DOC) – Dengan vaksin Covid-19 yang mulai didistribusikan ke beberapa daerah, tampaknya tak lama lagi vaksinasi Covid akan diberlakukan. Di Indonesia sendiri, vaksin virus Corona ini diprioritaskan kepada tenaga medis terlebih dahulu.

Sesuai namanya, adalah hal yang wajar bila vaksinasi mendatangkan efek samping bagi mereka yang divaksin. Begitu pula vaksin Covid-19 yang memiliki efek samping. Meski demikian, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat memastikan orang-orang bahwa efek samping yang tersebut tak perlu dikhawatirkan.

Hal ini dikarenakan efek samping tersebut merupakan tanda normal bahwa tubuh Anda sedang membangun perlindungan. Pada akhirnya, efek samping yang terasa seperti flu itu akan hilang juga.

Berikut ini beberapa efek samping vaksin Covid yang dapat dirasakan seperti dilansir dari Liputan6, Senin (4/1):

1. Nyeri dan bengkak di area yang disuntik

Banyak vaksin menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan nyeri di lengan tempat Anda mendapat suntikan, dan vaksin COVID juga demikian. CDC menyarankan untuk menerapkan “kain lap bersih, dingin, dan basah di area tersebut” dan terus menggunakan lengan Anda, seperti biasa, untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Meskipun sedikit ketidaknyamanan tidak perlu dikhawatirkan, CDC mengatakan Anda harus menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika kemerahan atau nyeri di tempat Anda mendapat suntikan semakin parah setelah 24 jam. Dan jika Anda mengalami ketidaknyamanan yang signifikan, CDC menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang penggunaan obat bebas seperti ibuprofen atau asetaminofen.

2. Demam

Demam adalah efek samping umum lain dari vaksin COVID. Untuk membantu menurunkan suhu Anda, CDC menyarankan untuk minum banyak cairan dan mengenakan pakaian tipis.

Jika demam Anda atau efek samping lainnya sepertinya tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari, CDC mengatakan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

3. Panas Dingin

Vaksin tidak hanya dapat membuat Anda demam, tetapi juga dapat membuat tubuh Anda menggigil. Luke Hutchison, ahli biologi komputasi dari Massachusetts Institute of Technology yang berpartisipasi dalam studi Moderna selama musim panas, mengatakan kepada Science Magazine bahwa ia mengalami “demam dan panas” setelah divaksin.

Menurut CDC, meskipun efek samping ini bisa menjengkelkan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan kecuali berlangsung lebih dari beberapa hari. (lp6)

Loading...

baca juga