D-ONENEWS.COM

Warga Cempaka Putih Korban Kebakaran Berharap Pemerintah Bantu Dirikan Rumahnya

Jakarta,(DOC) – Ratusan warga Cempaka Putih Utara, Kemayoran Jakarta Pusat yang rumahnya hangus terbakar, Rabu(24/10/2018) kemarin, kini sudah menempati dua lokasi posko pengungsian, yakni di Gedung Miss Tjitjih Jalan Kabel Pendek, Kemayoran dan Masjid Nur Sadjil Jannah.

Musibah kebakaran kedua kalinya ini, membuat trauma terdalam bagi warga terdampak, lantaran seluruh harta benda-nya ikut hangus terbakar, dan tinggal pakaian yang dikenakan.

“Kebakaran ini yang kedua. Pertama di tahun 2012 dan banyak rumah yang hangus terbakar. Sekarang semua harta benda ludes ikut terbakar,” ungkap Antis seorang korban yang rumahnya terbakar untuk kedua kalinya, Kamis(25/10/2018).

Saat kebakaran, hampir semua warga tak sempat menyelamatkan barang-barangnya, hanya surat-surat penting saja yang diamankan.

“Tidak ada yang terpikir, cuma surat-surat penting saja yang dibawa dan menyelamatkan diri. Banyak yang masih trauma termasuk saya,” kata Antis.

Bantuan makanan dan pakaian kini sudah diberikan oleh pihak pemerintah setempat. Bahkan sudah didirikan dapur umum untuk menyuplai kebutuhan warga pengungsi. Kini warga berharap, pemerintah juga dapat membantu untuk membangun kembali rumah warga yang hangus terbakar.

“Harapannya agar pemerintah membantu membangun rumah warga yang terbakar. Kami bingung, gimana mau bangun rumah lagi,” tandas Antis yang sudah hidup sendiri karena suaminya meninggal dunia.

Bencana kebakaran ini menghanguskan 27 bangunan rumah dan 3 bangunan Ruko dikomplek Cempaka Putih Utara  RT-01/RW-04 dan RT-06/RW-02, kelurahan Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kurang lebih 396 jiwa dari 99 Kepala Keluarga(KK) menjadi korban kebakaran dan kehilangan tempat tinggal.

Sementara itu, Walikota Jakarta Pusat, H. Bayu Meghantara, Kamis(25/10/2018) siang, menyerahkan bantuan dari Sudin Sosial berupa selimut, daster dan kaos, seragam sekolah 60 stel, pakaian dalam pria dan wanita, mie instan, matras, terpal, ikan kalengan, air mineral, makanan siap saji dan kebutuhan lainnya.

Hingga kini bantuan bagi warga korban kebakaran terus mengalir dari berbagai pihak.(chaerul/yun/pkot/r7)

 

Loading...

baca juga