D-ONENEWS.COM

Warga Desa Labruk Kidul Gelar Upacara Kemerdekaan di Sawah Berbusana Jadul

Lumajang,(DOC) – Cara warga Desa Labruk Kidul RT 12, RW 02 memperingati hari ulang tahun ke 74 Republik Indonesia, ini terbilang cukup unik. Ratusan warga Dusun Krajan Timur, Desa Labruk Kidul, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, menggelar upacara bendera di area persawahan.

Pesertanya, bukan pemuda. Namun para Bapak-bapak dan Ibu-ibu juga menjadi peserta upacara.

Busana Busana yang mereka gunakan, juga selayaknya rakyat desa. Ada yang mengenakan kebaya biasa saja, dengan jarik atau kain batik serta baju tradisional, bahkan memakai baju pejuang.

Penggagas kegiatan sekaligus ketua RW Ali Ridhuan menjelaskan, kegiatan upacara memang sengaja digelar di sawah. Juga melibatkan para petani, dan buruh.

“Semua warga negara di Indonesia harus punya rasa memiliki Indonesia. Nasionalisme. Sekaligus menghormati jasa-jasa para pahlawan yang gugur membela negara Republik Indonesia,” jelasnya.

Alasan melaksanakan upacara di area persawahan, karena sebagian warga sekitar tidak bisa mengikuti upacara yang dilaksanakan oleh Pemerintah bagi di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

“Sebagian warga ingin sekali melaksanakan upacara, walaupun itu dilaksanakan secara sederhana tapi tidak mengurangi dari pada khidmat dari pada nilai-nilai upacara tersebu,” tandas Ali Ridhuan.

Warga desa ini, melakukan upacara menggunakan baju adat dan busana tempo dulu. Upacara Bendera dengan konsep semacam ini baru pertama kali digelar di Dusun Krajan Timur, Desa Labruk.(imam/r7)

Loading...