D-ONENEWS.COM

2 Jurnalis Terpilih Anggota KPU Surabaya, Ketua KPU Jatim; Saya Sangat Mengapresiasi

foto : Choirul Anam ketua KPU Jatim

Surabaya,(DOC) – Pemilihan komisioner KPU kota Surabaya akhirnya telah mencapai final. Dua orang jurnalis lolos seleksi dan terpilih menjadi komisioner KPU kota Surabaya periode 2019 – 2024 mendatang.

“Calon komisioner kabupaten/kota di Jatim terpilih akan dilantik oleh Ketua KPU RI, Arif Budiman dihotel JW Marriott pada Kamis(13/6/2019) besok,” ungkap Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam saat dihubungi selulernya, Rabu(12/6/2019).

Choirul Anam menyebutkan, hasil pemilihan komisioner KPU kabupaten/kota tersebut, didasari oleh Keputusan KPU RI Nomor 1052/PP.06-Kept/05/KPU/VI/2019, tertanggal 11 Juni 2019, Tentang Penetapan Calon Anggota KPU Kabupaten/kota Provinsi Jatim Periode 2019-2024.

“Terpilih 10 orang komisioner dan yang menempati ranking 1-5 akan dilantik besok menjadi anggota KPU kabupaten/kota sedang ranking 6-10 sebagai cadangan,” jelasnya.

Adapun lima komisioner KPU Surabaya yang akan dilantik yakni Muhammad Kholid, Nafila Astri, Nur Syamsi, Subairi, dan Soeprayitno.

Dari lima komisioner tersebut, dua orang di antaranya komisioner petahana yakni Muhammad Kholid dan Nur Syamsi. Sedangkan dua lainnya dari unsur wartawan yaitu Subairi dan Soeprayitno.

Subairi dan Soeprayitno merupakan mantan wartawan Koran Seputar Indonesia (Sindo). Selepas dari Sindo, Soeprayitno tetap melanjutkan profesinya sebagai wartawan di Koran Harian Pagi Memo X sebagai koordinator liputan biro Surabaya. Sedangkan Subairi sebagai staf KPU Jatim.

Choirul Anam menambahkan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi pemiihan komisioner KPU yang banyak lolos dari kawan-kawan media. Mengingat mereka sangat mampu untuk menjalankan tugas sebagai penyelenggara Pemilu, seperti branding kelembagaan dan melakukan sosialisasi yang sudah terbukti serta teruji.

“Kedepan semakin banyak kawan media yang lolos seleksi, maka akan semakin baik. Sekarang prinsip KPU adalah keterbukaan yang menjadi salah satu tujuan dan tag line. Tugas itu yang dimiliki kawan-kawan media, karena sudah memiliki bekal komunikasi untuk membangun hubungan antar lembaga dengan baik. Selama ini mereka sangat mengenal stake holder sekitarnya,” papar mantan Komisioner KPU kota Surabaya ini.

Terpisah, Komisioner KPU Surabaya terpilih Soeprayitno mengatakan sebagai insan media, ia tersadar bahwa media adalah salah satu pilar demokrasi.

“Selama menekuni profesi jurnalis, komunikasi dengan lintas partai menjadi keniscayaan. Terutama kader atau perwakilan lintas parpol yang duduk di lembaga legislatif sebagai representasi rakyat,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, selama menjadi jurnalis, ia biasa menyapa perwakilan lintas Parpol di Lembaga Legislatif lewat pemberitaan.

Ia menambahkan, ketika menjadi komisioner KPU pun, komunikasi tetap dikedepankan dengan semua partai, lintas partai, Bawaslu dan Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu). Marwah, independensi, integritas KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu akan tetap dan terus dikedepankan.

“Bagi jurnalis, mereka adalah mitra. Kedepan tinggal meningkatkan koordinasi saja dengan Parpol, Bawaslu dan Gakumdu,” jelas pria berkacamata yang akrab di sapa Cak Nano ini.

Sementara itu, Subairi membenarkan, bahwa pelantikkan komisioner KPU kabupaten/kota se-Jatim akan dilaksanakan dihotel JW Marriott Surabaya, Kamis(13/6/2019) besok.

“Komentarnya biar diwakili Pak Nano(Soeprayitno,red) saja,” cetusnya.(robby/r7)

Loading...