D-ONENEWS.COM

733 Mahasiswa Ditangkap Pascakerusuhan Wamena

Jayapura (DOC) – Sedikitnya 733 mahasiswa ditangkap setelah pemulangan pendemo yang berakhir rusuh di kawasan expo Waena Papua. Ratusan mahasiswa itu saat ini diamankan di Markas Brimob Polda Papua.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Kamal, Selasa (24/9/2019) menuturkan, saat ini penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap ratusan mahasiswa itu guna mengetahui secara pasti apa peran mereka dalam insiden yang menewaskan satu anggota TNI dan 6 anggota Brimob terluka parah.

Dalam insiden tersebut tercatat 3 warga sipil meninggal dan jasadnya saat ini masih disemayamkan di RS Bhayangkara di Kotaraja.

Ketika ditanya apakah dari 733 yang diamankan seluruhnya mahasiswa, Kamal mengaku belum mengetahui dengan pasti karena masih diselidiki penyidik.

“Dari pemeriksaan tersebut baru diketahui status mereka apakah mahasiswa murni atau bukan,” kata Kamal seraya menambahkan, aksi yang dilakukan para pendemo di luar perkiraan.

Karena pada awalnya petugas memprediksi pemulangan mereka dari halaman Uncen berlangsung aman.

“Awalnya memang aman namun saat pendemo diturunkan di sekitar jembatan expo, Waena, tiba-tiba mereka menyerang aparat keamanan dan Brimob yang bertugas pengamanan di kawasan itu,” kata Kamal.(ara/ziz)

Loading...

baca juga