Aksi Bela Rakyat di Istana Kepresidenan Nyaris Bentrok, 3 Perwakilan Mahasiswa Berhasil Bertemu Sekneg

aksi_bela_rakyatJakarta,(DOC) – Ratusan massa dari berbagai elemen mahasiswa diantaranya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Islam(HMI), PMII dan BEM SE Indonesia, yang menggelar ‘Aksi Bela Rakyat’ di Gedung DPR RI, terus melakukan orasi mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga kebutuhan dasar seperti Tarif Dasar Listrik (TDL), harga BBM hingga pengurusan bea STNK dan BBN KB, merupakan tindakan yang mencekik rakyat.
aksi_bela_rakyat2Hal ini seperti yang disampaikan oleh salah satu juru bicara BEM se Indonesia saat menggelar orasi.
“Menuntut Presiden Jokowi segera bertindak, dengan mahalnya harga kebutuhan pokok. Masyarakat menjerit atas kenaikan harga bahan pokok,” teriaknya.
Meski aksi berjalan tertib, namun para mahasiswa ini, berencana menduduki gedung DPR RI hingga tuntutan mereka terakomodir.
Sementara itu terpisah, aksi elemen mahasiswa dari 20 kampus di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi. Yang menggelar aksi di depan Istana kepresidenan, berlangsung tegang dan nyaris bentrok.
aksi_bela_rakyat3Kondisi ini dipicu oleh aksi nekat sejumlah mahasiswa yang ingin menerobos barikade petugas kepolisian untuk bertemu dengan presiden.
Akibat aksi nekat tersebut, 3 orang perwakilan mahasiswa Fikri, Bagus dan Danang, akhirnya di terima oleh Sekertaris Negera (Sekneg) untuk menyampaikan tuntutannya.
Sebelumnya ribuan mahasiswa dari Jabodetabek dan Banten ini, sempat tertahan oleh barisan aparat kepolisian yang membuat pagar betis berlapis sampai 3 ring.
aksi_bela_rakyat4Ring pertama dibentuk oleh ratusan Polisi Wanita (Polwan) yang akhirnya mundur karena desakan para Mahasiswa. Namun pada barikade kedua, para Mahasiswa sempat tertahan di depan Monas.
“Disitu, kami tetap berusaha menerobos barisan dan kami didengar. 3 orang perwakilan kami diterima oleh Mensetnek,” ungkap Fikri, koordinator aksi dari Universitas Negeri Jakarta.
Hingga berita ini diturunkan, para perwakilan mahasiswa ini masih berdialog dengan perwakilan Presiden RI.(yun/mi/r7)