D-ONENEWS.COM

Awas Bencana Hindrometeorologi Mengancam, Pemda Gelar Apel Siaga Bencana

Lumajang, (DOC) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam, di Alun-Alun Lumajang, Jumat (10/1). Apel diikuti oleh pasukan gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Ormas. Berbagai sarana dan prasarana pendukung operasi SAR juga ikut diapelkan.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq selaku pembina apel mengatakan, musim penghujan di tanah air kerap diiringi dengan berbagai peristiwa bencana hidrometeorologi.

“Bencana tersebut terkait dengan perubahan cuaca dan curah hujan. Mulai dari angin ribut, banjir, hingga longsor, dan bencana tersebut sudah terjadi di Batang,” kata Cak Thoriq.

Bupati juga mengapresiasi TNI dan Polri bersama relawan yang cepat, sigap dan tanggap dalam membantu menangani bencana di berbagai desa di Kabupaten Lumajang.

“Apel merupakan bagian dari kesiapsiagaan kita dalam mitigasi maupun penanggulangan bencana secara formal. Akan tetapi ada bencana maupun tidak, kita tetap siaga dan siap,” jelasnya.

Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi dalam.sambutannnya juga menyampaikan sebagai organisasi harus tau apa yang harus di lakukan ketika melihat cuaca alam yang akan berpotensi timbulnya bencana.

Kabupaten Lumajang merupakan daerah yang memiliki gunung berapi aktif serta dikelilingi oleh laut sehingga besar kemungkinan akan terjadi bencana alam.

“Kita harus bisa saling bekerja sama dan saling berkomunikasi dalam menyikapi terjadinya bencana alam,” terang Dandim.

Sementara itu, sambutan Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar menyampaikan, apa yang di sampaikan Bupati dan Dandim 0821 sudah jelas sekali tentang cara dan kewaspadaan sebagai relawan penanggulanagan bencana alam.

“Kita harus bisa bertindak cepat dan tanggap bila sewaktu – waktu terjadi bencana alam,” tuturnya.

Bertindaklah secara cepat tanpa harus menungguh komando disaat menangani terjadinya bencana utamakan naluri kemanusiaan.

“Kita harus bisa mendeteksi secada dini bila akan terjadi bencana alam, kususnya pihak terkait yang menanggani,” pungkasnya.(imam)

Loading...