D-ONENEWS.COM

Banjir di Kalsel, Jokow Sebut yang Terbesar dalam 50 Tahun

Banjar (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi terdampak banjir di Kelurahan Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Di lokasi tersebut, kepala negara menyaksikan kondisi lokasi yang hingga kini masih terjebak banjir. Dalam dokumentasi Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat memberikan instruksi kepada jajarannya untuk menangani banjir.

Dalam konferensi pers di Jembatan Matraman, Jokowi menegaskan bahwa ini merupakan banjir bandang pertama setelah 50 tahun tidak pernah terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Ini banjir besar yang lebih dari 50 tahun tidak terjadi di provinsi Kalimantan Selatan,” kata Jokowi, dilansir CNBC, Senin (18/1).

Jokowi menjelaskan curah hujan di Kalimantan Selatan dalam kurun waktu 10 hari terakhir memang tinggi. Sungai Barito yang memiliki daya rampung hingga 230 juta meter kubik, akhirnya kewalahan.

“Sekarang ini masuk air sebesar 2,1 miliar kubik air sehingga memang menguap di 10 kabupaten dan kota,” jelasnya.

Jokowi sendiri didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo, serta Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Bupati Banjar Khalilurrahman. (cnbc)

Loading...

baca juga