D-ONENEWS.COM

Bantuan Bencana dan Program SPAM Belum Terpenuhi, Bupati Thoriq Mengeluh ke DPD RI

Ketua DPD RI La Nyala bertemu Bupati Lumajang Thoriqul Haq
Foto : Pertemuan Ketua DPD La Nyala dengan Bupati Thoriqul Haq

Lumajang,(DOC) – Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti menemui Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Peringgitan Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Senin(13/9/2021).

Dikesempatan itu, Bupati melaporkan macetnya bantuan dari pemerintah pusat untuk penanganan bencana gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu di Kecamatan Tempursari.

Bantuan yang dijanjikan berupa pembangunan rumah permanen bagi rusak berat, bantuan perbaikan rumah bagi yang rusak sedang dan ringan.

“Sampai sekarang belum ada progres bantuannya yang dari APBN yang pembangunan rumah rusak berat, bantuan rusak sedang dan ringan, itu murni mandatori APBN sesuai aturan undang-undang,” ungkapnya.

Selain soal bantuan, Thoriqul Haq juga melaporkan program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional, kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang tak kunjung terrealisasi.

Padahal program tersebut sangat dinanti oleh daerah untuk menyelesaikan persoalan air bersih khususnya bagi masyarakat wilayah utara Kabupaten Lumajang.

“Kalau itu ada tindak lanjut, tentu bisa menyelesaikan kebutuhan dasar kami terutama yang berada di wilayah utara untuk terutama kebutuhan air bersih,” lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti akan segera melakukan tindaklanjut terkait dua laporan yang disampaikan Bupati Lumajang.

“Jadi kita tadi sudah terima aspirasi dari pak bupati, ada dua, yaitu SPAM Regional kemudian masalah bencana yang perlu ada percepatan dari BNPB,” pungkasnya.(imam/r7)

Loading...

baca juga