Batu Akik Kembali Marak di Lumajang, Pemkab Gelar Kompetisi Akik

Lumajang,(DOC) – Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., tunjukkan Batu Akik Bulu Macan miliknya dalam kontes batu akik yang bertajuk “Masterpiece Turquoise Competition” Piala Bupati Lumajang di Hotel Lumajang, Jumat(11/1/2019).

“Saya juga pakai Bulu Macan Lebih.  Ini bikin bangga kita semua warga masyarakat Luas, karena Lumajang semakin terkenal,” ungkapnya.

Kontes batu akik semacam itu, akan lebih memperkenalkan  BML. Itu sebabnya,  Bunda Indah ingin agar event tersebut kembali dilaksanakan di Kabupaten Lumajang rutin setahun sekali.

Bunda Indah menawarkan kepada para peserta kontes batu akik yang berasal dari seluruh penjuru Tanah  Air itu, menyempatkan menikmati keindahan obyek wisata yang ada di Kabupaten Lumajang.

Senada dengan Bunda Indah, Ketua Phirus Indonesia, DR. Iskandar, mengaku bangga dengan Bulu Macan Lumajang. “Hari ini, saya pun memakai bulu macan Lumajang, sering sekali teman-teman Lumajang ini membawa Bulu Macan Lumajang ke event Nasional,” ungkapnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Anang, melaporkan, pameran dan kontes batu Phirus “Masterpiece Turquoise Competition,” merupakan salah satu event kontes batu akik phirus bertaraf nasional yang diagendakan Phirus Indonesia setiap 3 bulan sekali.

Ia mengucapkan terima kasih, karena “Phirus Indonesia” yang mempercayakan event tersebut kepada KOPI (Komunitas Phirus) Lumajang untuk melaksanakan di Kabupaten Lumajang.

Ia menjelaskan, akik Bulu Macan Lumajang merupakan batu khas yang hanya ada di  Kabupaten Lumajang. “Saya bangga sekali, Lumajang punya andalan bulu macan Lumajang. Mungkin satu-satunya di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Untuk itu saya sangat bangga, di luar kota, Lumajang terkenal dengan bulu macannya,” pungkasnya.(imam/r7)