D-ONENEWS.COM

Bupati Lumajang Sebut Kondisi Semeru Tidak Menghawatirkan

Lumajang, (DOC) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengimbau agar masyarakat tetap tenang. Gunung Semeru terpantau kembali mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) pada Sabtu (16/01/2021) pukul 17.24 WIB.

“Kondisi terkini Semeru oleh pos pantau dinyatakan aman, masih ada erupsi tapi tidak mengkhawatirkan, ini merupakan erupsi rutin,” ujar Bupati saat dimintai keterangan di Pendopo Arya Wiraraja.

Berdasarkan pengamatan Pos Pantau di Gunung Sawur, saat ini kondisi Gunung Semeru kembali normal dengan status Level II (Waspada).

Meski dinyatakan kembali normal, Bupati menyampaikan bahwa TNI-Polri beserta BPBD Kabupaten Lumajang tetap standby di lokasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat sekitar.

“BPBD tetap standby, dilaporkan bahwa masyarakat juga tidak ada yang mengungngsi atau mengevakuasi diri, tetapi masyarakat tetap berjaga sebagai langkah antisipasi,” ujarnya.

Bupati menjelaskan bahwa dampak dari Awan Panas Guguran Gunung Semeru sejumlah daerah dilaporkan mengalami hujan abu vulkanik.

“Hujan abu dilaporkan terjadi di Kecamatan Senduro dan Pasrujambe dan ada yang memberi laporan ke saya di Probolinggo juga sempat terjadi hujan abu,” ungkapnya. (Imam/fr)

Loading...

baca juga