D-ONENEWS.COM

Covid-19 Naik Lagi, WHO Minta Aturan Masker dan Pembatasan Kegiatan Kembali Diterapkan

Jakarta (DOC) – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak otoritas kesehatan di seluruh dunia untuk menerapkan kembali aturan mengenakan masker dan pembatasan kegiatan menyusul peningkatan tajam dalam kasus Covid-19.

Berbicara pada sesi pengarahan mingguan WHO, Dr. Tedros Adhanom mengatakan, Covid-19 masih ada di sekitar manusia dan sebagian besar negara tidak mengelola wabah virus corona secara efektif.

Pekan lalu WHO menyimpulkan bahwa virus corona tetap menjadi ‘ancaman kesehatan masyarakat internasional’. Tegas Tedros, pandemi Covid-19 masih jauh dari selesai.

Dalam periode antara 4 dan 10 Juli, lebih dari 5,7 juta kasus baru Covid-19 dilaporkan di seluruh dunia, naik enam persen dari minggu sebelumnya. Namun, jumlah kematian tetap datar selama sisa musim panas tahun ini dengan hanya 9.800 kematian yang dilaporkan dalam pekan yang berakhir 4 Juli.

Jumlah korban tewas lima kali lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu. Namun, Tedros meminta pihak berwenang di seluruh dunia untuk meningkatkan upaya dalam mengkomunikasikan pesan risiko Covid-19 kepada publik serta menyerukan pembatasan kesehatan untuk diterapkan kembali seperti mengenakan masker wajah, penahanan fisik, dan ventilasi yang baik.

Aturan untuk mengenakan masker wajah dan pembatasan jarak dihapuskan di banyak negara awal tahun ini meskipun beberapa negara masih memberlakukan aturan tersebut di tempat-tempat umum seperti Korea Selatan dan China.

Loading...