D-ONENEWS.COM

Dilarang Hadir di Academy Awards Selama 10 Tahun, Begini Reaksi Will Smith

Jakarta (DOC) – Aktor Will Smith buka suara setelah pihak the Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) melarang aktor tersebut hadir di acara Piala Oscar hingga 10 tahun mendatang.

“Saya menerima dan menghargai keputusan the Academy,” kata Smith dalam pernyataannya seperti dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (10/4).

Pihak the Academy memutuskan melarang kehadiran Will Smith dalam segala acara yang berkaitan dengan Academy Awards selama 10 tahun mendatang akibat aksi Smith menampar Chris Rock pada Oscar 2022.

Keputusan itu berlaku mulai dari 8 April 2022 dan bukan hanya untuk acara Piala Oscar saja, tapi untuk segala jenis acara dan program dari the Academy.

Drama ini bermula dari ketika Chris Rock memutuskan untuk berguyon sebelum membacakan pemenang kategori film dokumenter terbaik Oscar 2022. Orang yang ia jadikan bahan guyon adalah istri Will Smith, Jada Pinkett.

Kala itu, Jada Pinkett tampil botak usai mencukur habis rambutnya. Ia melakukan hal tersebut karena berkaitan dengan penyakit alopecia yang ia idap dan menyebabkan rambutnya rontok.

“Jada aku mencintaimu, ‘G.I. Jane 2,’ tidak sabar untuk melihatnya,” canda Rock kepada Jada Pinkett merujuk pada film G.I. Jane (1997) saat Demi Moore tampil botak.

Semula Will Smith masih cengengesan mendengar candaan tersebut meski Jada Pinkett terlihat kamera sudah berwajah kesal. Hingga tak lama kemudian, Will Smith naik ke atas panggung.

Kedatangan Will Smith ke atas panggung tak diduga oleh Chris Rock. Ia semula mengira Will Smith akan ikut berguyon, hingga ayunan tangan aktor tersebut mendarat keras di pipi Chris Rock.

Berikut pernyataan the Academy soal larangan untuk Will Smith:

Academy Awards ke-94 mestinya menjadi sebuah perayaan dari banyak individu di komunitas kami yang bekerja dengan luar biasa selama setahun terakhir.
Namun momen tersebut dibayangi oleh perilaku berbahaya dan tak dapat diterima seperti yang kita lihat ditunjukkan Tuan Smith di atas panggung.

Selama siaran kami, kami tidak cukup menangani situasi di dalam ruangan. Untuk hal tersebut, kami meminta maaf.

Itu adalah sebuah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh kepada tamu, audiens, dan keluarga Academy kami di seluruh dunia, dan kami gagal, tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hari ini, Dewan Gubernur mengadakan pertemuan untuk membahas cara terbaik menanggapi tindakan Will Smith di Oscar, selain menerima pengunduran dirinya.

Dewan telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun dari 8 April 2022, Tuan Smith tidak akan diizinkan menghadiri acara atau program Academy, secara langsung maupun virtual, termasuk tapi tak terbatas pada Academy Awards.

Kami ingin menunjukkan rasa terima kasih mendalam kami kepada Tuan Rock karena menjaga ketenangannya dalam keadaan luar biasa.

Kami juga ingin berterima kasih kepada para pembawa acara, nomine, presenter, dan pemenang atas ketenangan dan keanggunan mereka selama siaran kami.

Tindakan yang kami ambil hari ini sebagai tanggapan atas perilaku Will Smith adalah langkah menuju tujuan yang lebih besar untuk melindungi keselamatan para pemain dan tamu kami, dan memulihkan kepercayaan pada Academy.

Kami juga berharap ini dapat memulai masa pemulihan dan restorasi bagi seluruh pihak yang terlibat dan terdampak. (cnn)

Loading...