D-ONENEWS.COM

Dimulai Perantingan Hingga Dekorasi Lampu, Pemkot Surabaya Percantik Jalan Tunjungan

Surabaya, (DOC) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya melakukan perantingan pohon untuk mempercantik Kawasan Wisata Tunjungan. Selain perantingan, DKRTH Surabaya juga akan menambah ornamen lampu di sepanjang Jalan Tunjungan.

Kepala DKRTH Kota Surabaya, Anna Fajriatin mengatakan, bersama jajarannya saat ini sedang proses melakukan penyegaran di kawasan Jalan Tunjungan. Mulai dari dekorasi hingga penambahan lampu penerangan jalan umum (PJU) di beberapa titik Jalan Tunjungan yang akan digunakan untuk kantong parkir.

“Seperti di Jalan Kenari itu, ada beberapa titik yang mau dipasangi PJU, kini sudah kita pasang semua,” ujar Anna, Kamis (11/11/2021).

Bukan itu saja, nantinya DKRTH Kota Surabaya juga akan mengganti kotak pohon yang ada di kawasan Jalan Tunjungan. Yang tadinya di kotak pohon ada tanaman Melati Jepang dan Melati Merah, akan diganti tanaman hias khusus untuk menyambut dibukanya Kawasan Wisata Tunjungan.

“Nanti diganti pakai jenis tanaman baru. Lampunya juga sudah diganti LED semua, lalu pohon-pohon di sepanjang Jalan Tunjungan juga ada ornamen lampunya. Saya ingin, setelah peremajaan kawasan Jalan Tunjungan menjadi bersih dan bangunan cagar budaya di sekitarnya tidak terhalang oleh pohon,” ujar Anna.

Selain itu, Anna melanjutkan, juga akan melakukan peremajaan di Kampung Ketandan. Untuk pengerjaanya, ia akan berkoordinasi dengan Dinas Cipta Karya Kota Surabaya. Agar semakin menarik, kawasan Jalan Tunjungan juga ditambah bola-bola untuk menghiasi jalan ikonik di Kota Pahlawan tersebut.

“Perantingan dan pengecatan lampu antik sudah kami kerjakan. Jadi nanti di pohon-pohon Jalan Tunjungan ada ornamen lampunya, juga ada penambahan untuk spot -spot foto,” pungkasnya.

Seiring melandainya kasus Covid-19 dan Surabaya turun ke level 1, pemkot akan menghidupkan kembali wisata di Jalan Tunjungan untuk memulihkan dan menggerakkan kembali ekonomi masyarakat. Sebelumnya, di Jalan Tunjungan juga sempat dipercantik dengan gambar mural di sisi sebelah kiri jalan untuk menarik minat wisatawan. (hm)

 

Loading...

baca juga