D-ONENEWS.COM

Dinkes Kab Lumajang: Pabrik Kue Telur Busuk Tukum, Tak Punya Ijin PIRT

Lumajang,(DOC) – Subdit Jatanras itreskrimum Polda Jatim beberapa hari lalu menggrebek sebuah pabrik makanan ringan ‘Rejeki’ di Dusun Munder, Desa Tukum, Kecamatan Tekung Lumajang.

Karena dalam memproduksi pabrik ini menggunakan telur busuk.

Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang baru mengetahui adanya aktifitas ilegal tersebut.

“Kami baru mengetahui produk makanan menggunakan bahan tidak layak konsumsi telur gagal menetas,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Dr. Bayu Wibowo Ignasius.

Bahkan, Dinas Kesehatan tidak pernah mengeluarkan ijin Pangan Industri Tangga (PIRT). “Kita tidak pernah mengeluarkan ijin PIRT untuk makanan ini. Yang jelas ini ilegal,” tuturnya.

Bayu Wibowo Ignasius menjelaskan, kue yang diproduksi berbahaya Berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia, bahkan untuk bagi kesehatan baik jangka pendek atau jangka panjang.

“Penyakit jangka pendek yang bisa timbul diare dan bisa menyebabkan kangker untuk konsumsi jangka panjang. “,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tukum M.Yunus baru mengetahui jika kue yang digunakan bahan tidak layak kosumsi dan bahkan tidak berizin.

“Selama ini tidak pernah ada komplain dari warga yang disampaikan pada pihak Desa. Mungkin saja warga yang tau akan produksi berbahaya bagi kesehatan itu langsung melapor ke Polda Jatim, sehingga polda yang melakukan penggerebekan,” ujar M. Yunus Kepala Desa Tukum.

Pihak Desa juga tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan. Baru jika ada komplain dari warga, pihak Desa akan memberikan pembinaan dan jika tidak berijin maka diminta segera mengurus ijinnya.

“Semoga mas Imam selaku pemilik bisa mengurus ijin produksi kue ini,” imbuhnya.(Mam)

Loading...

baca juga