D-ONENEWS.COM

Flayover Rawabuaya Arah Cengkareng Mau Ambruk, Begini Kondisi Terkini

Jakarta (DOC) – Flyover Rawabuaya arah Cengkareng, Jakarta Barat mengalami kerenggangan hingga tampak melengkung mau ambruk. Saat ini flyover tersebut sedang diperbaiki dan akses jalan untuk sementara waktu ditutup.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto mengungkapkan, flyover tersebut renggang karena ada kerusakan di bagian pot bearing (karet bantalan jembatan). Pot bearing yang rusak itu saat ini sedang diganti.

“Itu sementara kan sudah ada soaring di bawah nah itu mau diganti pot bearing-nya itu, itu mau diganti, bukan lepas, mau diganti dengan di bawahnya ditopang dulu, dilepas yang lama terus diganti karena yang lama rusak,” katanya, Kamis (27/12/2018).

Sugiyartanto menjelaskan, pot bearing itu rusak karena jembatan yang sudah kelebihan beban atau overload. Menurutnya, hal itu biasa terjadi.

“Mungkin overload karena beban, biasa lah itu, jembatan-jembatan normal juga biasanya sendinya pot bearingnya itu kadang kala kan pecah karena beban overload dan segala macem. Biasanya terus diganti, itu kan ada dalam pekerjaan kegiatan pemeliharaan jembatan,” ujarnya.

Oleh karenanya, saat ini akses flyover itu ditutup sementara waktu selama masa perbaikan.

“Sementara izin ditutup semua beban-beban berat tidak mengganggu dan supaya pekerjaannya cepat lalu lintasnya ditutup dulu,” tuturnya.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga