D-ONENEWS.COM

Gebyar Peringatan HAN, KatePay Diluncurkan Untuk Melatih Siswa Atur Keuangan

Surabaya,(DOC) – Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkolaborasi dengan Bunda PAUD me-launching sistem pembayaran KatePay bagi pelajar SD – SMP se-Surabaya.

Sistem non tunai atau cashless society tersebut, menggunakan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai metode pembayaran yang bisa memberikan edukasi pembelajaran manajemen keuangan.

Bunda PAUD Kota Surabaya, Rini Indriyani mengatakan, Gebyar HAN akan di semarakkan dengan sejumlah kegiatan dan puncak peringatannya berlangsung di Kompleks Balai Pemuda Surabaya pada Rabu (27/7/2022) besok. Pada acara itu, KatePay juga akan di luncurkan untuk siswa SD dan SMP se Surabaya.

Sistem pembayaran cashless society atau Katepay, lanjut Rini, merupakan gebrakan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surabaya.

“Nanti kita akan launching. KatePay ini nanti bisa berfungsi untuk pembayaran di kantin sekolah. Sehingga orang tua itu bisa mengontrol mereka (anak-anak) beli apa saja,” kata Rini Indriyani, Selasa(26/7/2022).

Tak hanya itu, Bunda Rini juga menyebutkan. Melalui sistem pembayaran KatePay, para orang tua akan mudah mengontrol uang saku anaknya untuk membeli jajan apa saja. Bahkan dalam sehari, nominal uang yang di keluarkan sang anak pun dapat terdeteksi melalui KatePay.

“Misal anak itu pulang sekolah dalam keadaan gatal-gatal atau batuk, maka ketahuan beli apa tadi anak tersebut. Jadi kartu ini bukan hanya sekadar kartu, tapi ada unsur edukasi bersama,” papar dia.

Menurut Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya ini, KatePay juga menjadi salah satu upaya pemerintah dalam melatih anak-anak mengatur literasi keuangan. Bagaimana anak-anak ketika membelanjakan uang jajannya itu dapat lebih terkontrol.

“Ketika nanti naik Surabaya Bus juga bisa menggunakan kartu KatePay ini. Sehingga anak itu akan merasa bertanggungjawab,” tuturnya.

Sebelumnya, SD Negeri Asemrowo 1 dan  SMP Negeri 42 Surabaya telah menjadi pilot project penerapan pembayaran KatePay. Dengan di launchingnya sistem pembayaran tersebut, maka penggunaan KatePay akan lebih luas di lingkungan sekolah SD maupun SMP se-Surabaya.

“Ini juga menjadi pembelajaran bagi anak-anak, mengenai manajemen prioritas. Kita kenalkan sejak dini, agar mereka terbiasa. Harapannya, ketika dewasa mampu mengedepankan prioritas,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Yusuf Masruh.

Di waktu terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji menjelaskan. Dengan KatePay anak-anak pemegang KIA dapat menggunakannya untuk membeli jajanan di kantin sekolah. Juga dapat di gunakan untuk pembayaran Surabaya Bus, Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Kebun Binatang Surabaya (KBS), toko buku hingga mitra lainnya.

“Caranya yakni dengan terlebih dahulu melakukan Top Up atau isi ulang oleh orang tua melalui aplikasi KatePay,” tandasnya.(hm/r7)

 

Loading...

baca juga