D-ONENEWS.COM

Geger Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Jakarta (DOC) – Tanggal 17 April 2017 masih beberapa hari lagi, namun Pilpres 2019 kembali geger. Ini setelah Panwaslu Kuala Lumpur Malaysia menemukan ribuan surat suara yang sudah tercoblos.

Penemuan ini bermula saat Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara Ulyana sebelumnya menerima aduan soal penemuan surat suara tercoblos. Ada dua lokasi temuan surat suara tercoblos. Lokasi pertama adalah Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor.

Di lokasi ini, ditemukan surat suara dalam bag diplomatik, kantong plastik hitam, dan 5 karung goni dengan tulisan Pos Malaysia. Sejumlah surat suara Pilpres tercoblos untuk paslon nomor urut 01, sedangkan surat suara pileg tercoblos untuk caleg NasDem DPR nomor urut 3.

Sedangkan lokasi kedua adalah kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor. Ketua Panwaslu Kuala Lumpur menyebut waktu tempuh dari lokasi pertama ke lokasi kedua sekitar 15 menit.

Di lokasi ini ditemukan 158 karung berisi surat suara. Beberapa surat suara pilpres tercoblos untuk paslon nomor urut 01.

Sedangkan beberapa surat suara pileg tercoblos untuk caleg DKI Dapil II dari NasDem nomor urut 2 dan beberapa tercoblos untuk caleg Demokrat nomor urut 3.

Atas temuan ini, Bawaslu dan KPU akan terbang ke Malaysia pada Jumat (12/4) untuk melakukan penyelidikan langsung. (dt/gus)

Loading...