D-ONENEWS.COM

Gunung Arjuna Terbakar, Puluhan Pendaki Dievakuasi

Batu (DOC) – Hutan yang berada di kawasan barat Gunung Arjuna terbakar, Senin (29/7/2019). Sedikitnya 47 dari 90 pendaki yang bertolak dari Pos Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu dievakuasi.

“Pagi ini sudah tercatat 47 pendaki berhasil dibawa turun dari sebanyak 90 pendaki yang berangkat dari Pos Sumberbrantas. Jadi masih ada 12 pendaki dalam proses evakuasi turun,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Batu Achmad Choirur Rochim.

Dalam data yang diperoleh hingga pukul 01.00 WIB, enam orang turun melalui jalur Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Kemudian 31 orang lainnya juga sudah meninggalkan area Gunung Arjuna.

“Namun tidak terdata, karena sudah turun waktu pagi hari. Dan tersisa 12 orang yang masih dalam proses evakuasi turun dari Gunung Arjuna,” ujar Rochim.

Menurutnya, secara visual api terlihat di sekitar puncak Gunung Arjuna. Ada dua tim yang berangkat untuk menuju titik api tersebut.

“Tim pertama sudah berangkat sejak awal kebakaran dilaporkan yakni Minggu siang kemarin. Tim mendaki melalui jalur Pura Giri Arjuna. Sementara tim yang lain berjumlah 15 personel dari petugas Tahura Raden Soeryo berangkat melalui jalur Brak Seng.

“Informasi terakhir dari tim Jaguar FPRB Sumbergondo, titik api berada di blok kebut. Titik api menjalar ke arah barat, sebagian titik api sudah bisa dikondisikan. Sebagian lagi terkendala medan yang sulit karena titik api berada di tebing dengan jurang yang dalam, karena kondisi angin bertiup cukup kencang,” pungkas Rochim.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga