D-ONENEWS.COM

IBF Gelar Turnamen Antar Klub Basket di Surabaya, Juga Semarakkan HJKS ke-729

Surabaya,(DOC) – Indonesian Basketball Festival (IBF) dengan Pemkot Surabaya menggelar pertandingan bola basket antar klub di GOR Pancasila, Rabu (18/5/2022). Pertandingan ini sekaligus menyemarakkan peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729.

“Kegiatan ini adalah bagian dari Road to FIBA Asia Cup Indonesia 2022, yang turut serta meramaikan serangkaian kegiatan peringatan HJKS ke-729,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati.

Pertandingan IBF ini digelar sejak 18-22 Mei 2022 di GOR Pancasila mulai pukul 10.30 WIB, dengan diikuti oleh delapan tim putra dan enam tim putri yang berasal dari Kota Surabaya dan Malang.

Usai pertandingan IBF, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga menggelar Kejuaraan Basket antar Pelajar SMP dan SMP memperebutkan Piala Wali Kota pada 23-29, yang diselenggarakan di GOR Pancasila dan Lapangan Indoor Gelora Bung Tomo (GBT).

“Ayo masyarakat Surabaya ikut meramaikan serangkaian HJKS dengan menyaksikan pertandingan olahraga basket. Masyarakat bisa langsung hadir di lokasi secara gratis, dengan tetap memperhatikan prokes,” ujarnya.

Sementara itu, Event Manager Indonesian Basketball Festival (IBF) Dave Leopold Marthen mengatakan, bahwa Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang Piala Asia Bola Basket di Jakarta pada 12-24 Juli 2022 mendatang. Karena itu, IBF juga menggelar sejumlah pertandingan bola basket di sejumlah kota di Indonesia.

“Rangkaian ini ada di beberapa kota, sebelumnya digelar di Mimika, Bali, D.I Yogyakarta dan hari ini di Surabaya. Total club yang bertanding di IBF Surabaya Series ada 14 tim, dengan 12 tim dari Kota Surabaya dan 2 tim dari Kota Malang,” kata Dave.

Dave mengaku, melalui ajang IBF, ia berharap peringatan HJKS ke-729 mampu memunculkan semangat dan kreativitas para pemuda dan pemudi di Kota Surabaya, khususnya dalam dunia olahraga bola basket. Sebab, ia meyakini bahwa kreativitas para anak muda turut menjadi bagian dalam pembangunan sebuah kota.

“Kami ingin menunjukkan para pemain terbaik mampu diperhitungkan di dunia olahraga nasional hingga internasional,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat Kota Surabaya yang ingin menonton pertandingan bola basket bisa langsung mendatangi GOR Pancasila dengan menunjukkan bukti vaksinasi dosis dua  melalui scan barcode aplikasi Peduli Lindungi.

“Selain pertandingan bola basket, terdapat beberapa stand UMKM, mulai kuliner hingga fashion yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Bagi para pecinta bola basket, ayo saksikan IBF untuk ikut memeriahkan peringatan HJKS ke-729,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga