D-ONENEWS.COM

Indonesia Kembali Kedatangan 11 Juta Dosis Vaksin Sinovac

Jakarta (DOC) – Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal Cina, Sinovac Life Sciences Co. Ltd, Selasa, 2 Februari 2021. Vaksin tersebut sudah diterbangkan dari Beijing dan sedang transit di Singapura untuk selanjutnya dikirim ke Indonesia.

“Transit di Singapura pengiriman vaksin Sinovac 11 juta dosis pemesanan Biofarma Bandung dari Sinovac Life Sciences Co. Ltd. Beijing menuju Indonesia, menggunakan Singapore Airlines SQ 0801 pada 2 Februari 2021 pukul 00.10 WS, dan akan tiba di Indonesia pada 2 Feb 2021 pukul 09.30 WIB,” demikian pesan Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Suryopratomo, dilansir Tempo.co, Selasa (2/2).

Masyarakat nantinya dapat menonton langsung proses kedatangan vaksin melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sampai saat ini, Indonesia telah memiliki 3 juta dosis vaksin Covid-19 yang sudah didistribusikan ke 34 provinsi. Ditambah 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku. Vaksin tersebut dikirim dalam tiga tahap sejak Desember 2020.

Pada pengiriman pertama, yakni 6 Desember 2020, Indonesia menerima 1,2 juta dosis. Selanjutnya pengiriman kedua tercatat sebanyak 1,8 juta dosis. Kemudian kedatangan ketiga sebanyak 15 juta dilakukan pada 12 Januari 2021.

Pada pengiriman ketiga tersebut, jenis vaksin Covid-19 yang masuk ke Indonesia berbeda dengan vaksin sebelumnya. Bila sebelumnya Sinovac mengirimkan vaksin jadi, pada tahap ketiga vaksin yang diterima pemerintah berbentuk bahan baku atau bulk yang siap diolah menjadi vaksin jadi oleh PT Bio Farma (Persero). (tc)

Loading...

baca juga