D-ONENEWS.COM

Jaga Eksistensi UMKM Saat PSBB, GoFood Buka Program Harkulnas

Jakarta,(DOC) – Gojek melalui program GoFood nya berupaya meredam dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19 dan khususnya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

GoFood hadirkan program Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) untuk membantu puluhan ribu UMKM menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Program unggulan GoFood yang telah memasuki tahun ketiga ini hadir sejak 1 April hingga 5 Mei 2020, diikuti lebih dari 55.000 outlet merchant. Program ini menjadi salah satu solusi GoFood dalam menghadirkan kuliner bagi masyarakat saat mereka #dirumahaja.

Chief Food Officer Gojek Catherine Hindra Sutjahyo, mengatakan, di tengah pandemi COVID-19, selain semakin menempatkan prosedur keamanan dan higienitas sebagai prioritas dengan terus mencari jalan agar mitra merchant GoFood yang 96 persennya adalah UMKM bisa terus memperoleh penghasilan untuk menjalankan usahanya.

“Berbagai inovasi dan inisiatif kami lakukan untuk bisa mengurangi kecemasan para pelaku usaha UMKM terutama di masa penerapan PSBB yang diberlakukan di Ibukota. Kami juga berharap melalui program HARKULNAS, penjualan harian usaha kuliner UMKM dapat meningkat sehingga tetap menggerakkan roda ekonomi selama masa pandemi,” ujar Catherine.

Pihaknya melihat pandemi ini menimbulkan pergeseran pola konsumsi di mana yang biasanya pemesanan dilakukan di tempat (dine-in), sekarang berpindah ke online sejalan dengan himbauan pemerintah untuk beraktivitas dari rumah.

” Peluang ini harus dimanfaatkan supaya roda bisnis UMKM tetap bergerak sehingga memberikan ruang yang lebih luas bagi mitra dan driver Gojek terus mendapat penghasilan. Kami percaya ini bisa membantu ketahanan ekonomi Indonesia di situasi yang sulit saat ini,” jelasnya.

Lewat program HARKULNAS, pihak GoFood melakukan sejumlah upaya mulai dari mempromosikan merchant UMKM guna memperluas pasar dan menambah pelanggan mereka; meningkatkan visibilitas merchant UMKM lewat shuffle cards di dalam aplikasi; memberikan voucher promo ongkos kirim pada pembelian menggunakan GoPay; meningkatkan penghasilan UMKM bidang pangan dengan membagikan voucher diskon untuk merchant berbelanja bahan makanan di GoFresh[1] setiap minggu; membantu efisiensi bisnis merchant UMKM dengan mendorong penggunaan fitur “Recommended Campaign” pada GoBiz supaya UMKM bisa memperbarui katalog dan melakukan promosi secara mandiri dan fleksibel.

Sebagai pelopor festival kuliner online yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, HARKULNAS GoFood tahun ini menawarkan lebih dari 183.000 menu kuliner dengan harga khusus. Tiap tahunnya, HARKULNAS GoFood terbukti meningkatkan pendapatan mitra merchant.

HARKULNAS GoFood 2019 mencatat total dan pertumbuhan nilai transaksi pada outlet mitra merchant GoFood meningkat sebesar 42% serta rata-rata transaksi setiap mitra merchant GoFood meningkat sebesar 21%.(r7/on)

Loading...