D-ONENEWS.COM

Jelang USBN SD/MI, Dispendik Imbau Jaga Integritas Pelaksanaan Ujian

Surabaya,(DOC) – Dinas Pendidikan (Dispendik) kota Surabaya  menggelar rapat koordinasi bersama kepala SD/MI se-kota Surabaya di Convention Hall Arief Rahman Hakim, Kamis(18/4/2019). 

Rapat ini untuk membahas pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandart Nasional (USBN) jenjang SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang akan digelar Senin (22/4/2019) hingga Rabu (24/4/2019) minggu depan.

Hadir dalam rapat tersebut, Kepala Dispendik Kota Surabaya – M. Ikhsan, Kabid Sekolah Dasar (Sekdas) Muhamad Aris Hilmi, serta pengawas SD.

Pada kesempatan itu, M. Ikhsan meminta seluruh pihak menjaga integritas USBN jenjang SD/MI yang selama ini sudah baik. 

Jangan sampai ada nilai baik, namun dihasilkan melalui proses-proses yang tidak jujur. 

“Kita tidak bisa berdiri bangga kalau mendapat nilai bagus tapi dilakukan dengan tidak jujur,” ungkapnya.

Ikhsan juga meminta kepada seluruh kepala sekolah agar sebelum USBN dimulai supaya mengecek kembali masing-masing siswanya. Terutama yang sedang dalam posisi sakit. 

“Tolong sekolah mengecek kembali siswanya yang lagi sakit. Apakah tetap bisa ikut USBN di sekolah atau memilih ujian di sekolah atau mengerjakan di rumah sakit,” ujarnya.

Selain itu, selagi masih ada waktu, Ikhsan meminta kepala sekolah menjaga semangat belajar siswanya. Siswa diminta terus memanfaatkan tryout online Dispendik Surabaya.

 “Kami dari dinas sudah tirakat menjelang sampai ujian berlangsung. Mudah-mudahan kepala sekolah dan guru juga ikut tirakat,” imbaunya.

Kabid Sekdas Dispendik Surabaya Muhamad Aris Hilmi menambahkan, semua logistik untuk USBN sudah siap semua. Mulai dari soal USBN dan lembar jawaban. 

“Sabtu mendatang semua didistribusikan ke subrayon. Subrayon mengambil ke dinas, kemudian disimpan ke Polsek masing-masing,” pungkasnya. 

Dalam USBN tahun pelajaran 2018/2019 di Surabaya terdapat 41.336 siswa yang tersebar di 656 SD Negeri maupun swasta.

Dengan rincian jumlah peserta sebanyak 25895 yang tersebar di 301 SD Negeri dan 15.422 peserta tersebar di 355 SD Swasta.

Sedangkan pada tingkat MI diikuti sebanyak 5.204 siswa yang tersebar di Mi Negeri maupum Swasta.

Dengan rincian jumlah peserta dari 2 MI Negeri sebanyak 194 siswa sedangkan 150 MI Swasta sebanyak 5.010 siswa.(robby/r7)

Loading...