D-ONENEWS.COM

Jembatan Penghubung Lahat-Muaraenim Sumsel Ambruk Diterjang Banjir

Palembang (DOC) – Jembatan penghubung Kabupaten Lahat dan Muaraenim di Sumatera Selatan (Sumsel) ambruk diterjang banjir luapan Sungai Mulak Ulu, Senin (30/12/2019). Bahkan, ada juga rumah warga yang rusak terbawa arus sungai.

“Jembatan penghubung Mulak Ulu dengan Mulak Sebingkai ambruk digerus air deras. Sehingga warga Desa Lesung Batu, Airpur, Pajar Bulan serta Mengkenang harus lewat Semende,” ujar Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori.

Derasnya arus sungai Mulak Ulu yang ada di Lahat menyebabkan jembatan ambruk dan putus dini hari tadi. Namun kini sudah mulai berangsur surut meskipun warga di lokasi belum bisa melintas.

“Kondisi air sudah berangsur surut. Namun untuk Desa Keban Agung, Mulak Sebingkai dilaporkan enam rumah terbawah arus dan 10 rumah rusak berat,” kata Ansori.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Lahat, AKP Rio Artha mengatakan, jembatan ambruk itu adalah penghubung dari Lahat menuju ke Muaraenim. Tapi bukan jalan lintas utama.

“Memang itu jalan penghubung dan jalan itu menuju ke Muaraenim. Bukan jalan utama dan jarang juga orang lewat sana,” kata Rio.

Melihat kondisi jembatan yang rusak parah usai diterjang banjir, Rio mengaku segera turun ke lokasi. Salah satunya memastikan agar aktivitas masyarakat dapat dialihkan lewat jalur lain.

“Yang jelas, mobil besar nggak bisa lewat sana sebelum jembatan rusak. Ini segera kita turun ke lokasi untuk memastikan ya, soalnya ada rumah warga juga yang kena dampaknya,” tutup Rio.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga