D-ONENEWS.COM

Jenazah dr Bagoes Tak Menjalani Otopsi

Surabaya,(DOC) – Jenasah dr Bagoes Suryo Soelyodikusumo, terpidana kasus korupsi dana P2SEMPemprov Jatim yang meninggal di Lapas Porong, ternyata tak menjalani otopsi.

Pernyataan itu disampaikan Vanny Sulistyowati, Isteri dari dr Bogoes saat ditemui di Krematorium Adi Jasa, tempat semayam jenasah dr Bagoes.

“Tidak ada otopsi, tadi hanya visum saja,” kata Vanny Sulistyowati, Kamis (20/12/2018).

Keterangan Vanny ini berbeda dengan keterangan Aspidsus Kejati Jatim, Didik Farkhan Alisyahdi yang mengaku mendapatkan informasi dari Lapas Porong kalau Kamis(20/12/2018) pagi tadi, jenazah telah dilakukan otopsi.

“Sampai sekarang tidak ada permintaan otopsi baik dari Kejaksaan maupun Polisi,” ungkap wanita berkulit kuning langsat ini.

Vanny menjelaskan, bahwa kabar meninggalnya dr Bogoes justru diketahui bukan dari pihak Lapas Porong. Ia mengaku, kabar duka itu justru dari kerabat kerabat dr Bagoes.

“Jam 8 pagi saya dapat info, tapi bukan dari Lapas melainkan dari teman teman bapak,” paparnya.

Menurut Vanny, saat kabar duka itu didapat olehnya, dirinya sedang berada di Balikpapan. Ia pun mengaku sudah lost kontak dengan suaminya sejak ada kasus korupsi ini.

“Selama ini saya tidak pernah bertemu bapak, karena bapak yang belum siap menemui keluarga. Saya dan dua anak hidup numpang dirumah keluarga di Balikpapan,” kata Vanny sambil berkaca-kaca menceritakan masalah-masalah yang dihadapi Almarhum dr Bagoes.

Seperti diberitakan sebelumnya, dr Bagoes mengembuskan nafas terakhir saat menjalani hukuman di Lapas Porong pada kasus P2SEM jilid I. Ia ditemukan petugas Lapas  tidak bernyawa sekitar pukul 06.15 di Kamar nomor 4  blok G wing 1.

Dokter Bagoes adalah terpidana kasus dana hibah P2SEM yang buron sejak ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jatim pada 2010. Dia ditangkap di Malaysia pada Desember 2017. Karena sudah berstatus narapidana, dia langsung menjalani hukuman di Lapas Porong.

Dana hibah P2SEM adalah dana bantuan dari Pemprov Jatim untuk kelompok masyarakat atau Pokmas senilai lebih Rp200 miliar pada 2008. Ratusan Pokmas di seluruh Jatim sudah menerima itu, dengan rekomendasi dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jatim.

Terpidana paling kakap yang menjadi pesakitan ialah Ketua DPRD Jatim saat itu, almarhum Fathorrasjid. Karena buron, Dokter Bagoes disidang in absentia atau tanpa kehadiran terdakwa. Dia divonis bersalah.

Kasus itu dinilai publik belum tuntas. Banyak pihak terlibat dinilai belum terjamah hukum. Dokter Bagoes dianggap saksi kunci. Sehingga ketika tertangkap, Kejati Jatim membuka lagi kasus tersebut.

Kejaksaan menyebutkan sejumlah nama muncul dari dokter Bagoes saat diperiksa. Kasus ini sudah masuk tahap penyidikan tapi belum ada yang menjadi tersangka.(pro/r7)

Loading...