D-ONENEWS.COM

Kapal Santika Nusantara Berisi 111 Penumpang Terbakar di Masalembu Sumenep

Sumenep (DOC) – Kapal Motor (KM) Santika Nusantara terbakar di perairan Masalembu, Sumenep, Madura, tadi malam. Basarnas berhasil mengevakuasi 53 dari 111 penumpang yang tercatat dalam manifes.

Para penumpang ini dievakuasi dengan dinaikkan MV Bintang Samudra 1 dan KM Dharma Fery 7. Sebanyak 53 penumpang yag diselamatkan ini sedang dalam pelayaran menuju Surabaya. Laporan terbakarnya KM Santika Nusantara diterima sekira pukul 20.45 WIB.

“Sebanyak 53 orang yang berada di life raft telah dievakuasi MV Bintang Samudera 1 dan KM Dharma Fery 7, saat ini dalam pelayaran menuju ke Surabaya,” kata Humas Basarnas Surabaya, Tholeb Valatehan, Jumat (23/8/2019).

Sementara untuk 58 penumpang lainnya masih menunggu datangnya kapal lain untuk evakuasi. Basarnas juga telah meminta bantuan kepada kapal yang berada dekat di lokasi untuk membantu evakuasi.

“Sebanyak 58 orang sisanya masih di atas kapal untuk menunggu evakuasi. Basarnas mengerahkan KN SAR Laksmana milik Kantor SAR Banjarmasin & KN Cundamani milik KSOP Surabaya dalam pelayaran menuju lokasi guna mengevakuasi 58 orang,” papar Tholeb.

“Kantor SAR Surabaya bekerjasama dengan Vessel Traffic Services (VTS) Surabaya guna berkomunikasi dengan kapal-kapal terdekat di sekitar lokasi untuk bantuan evakuasi,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Tholeb mengaku pihaknya menemui beberapa kendala saat melakukan evakuasi. Salah satunya cuaca dengan angin dan kondisi gelombang yang tinggi.

“Info dari lapangan, kondisi cuaca kendalanya, angin dan gelombang cukup tinggi,” pungkas Tholeb.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga