D-ONENEWS.COM

Kapal Inkamina 779 Terbakar dan Tenggelam di Perairan Tobelo Maluku Utara

Maluku (DOC) – Sebuah kapal perikanan Inkamina 779 terbakar dan tenggelam di perairan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Kapal tersebut membawa 12 ABK, berlayar dari titik pemancingan di perairan Kecamatan Loloda menuju Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara. Namun, saat kapal berada posisi ±9 nm arah Utara Pulau Rarangane Tobelo, kapal mengalami kebakaran dan terakhir terlihat terbawa arus hingga ke Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara.

“Minggu 29 September 2019, pukul 23.25 WIT, Basarnas Ternate dalam hal ini Pos SAR Tobelo menerima laporan dari petugas KPLP Tobelo bahwa telah terjadi kecelakaan kapal. Sebuah kapal Inka Mina dengan POB 12 mengalalami kebakaran di perairan Tobelo, Halmahera Utara,” kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah, Senin (30/9/2019).

Atas informasi tersebut, kata Arafah, Basarnas Ternate mengerahkan Tim Rescue Pos SAR Tobelo dengan menggunakan 3 unit RIB (rigid inflatable boat) dibantu tim SAR gabungan lainnya, menuju lokasi kejadian untuk melakukan proses evakuasi.

“Tiba di koordinat LKP (lokasi kejadian perkara) membantu evakuasi para ABK ke KM Inkamina 519 yang telah berada di lokasi dari KM Inka Mina 779 yang terbakar dan telah tenggelam,” kata M Arafah.

Beruntung dalam kecelakaan kapal itu, seluruh ABK Inkamina 779 berhasil diselamatkan. Seluruh ABK kemudian dibawa menuju pelabuhan perikanan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga.

“Dengan telah dievakuasinya seluruh ABK KM Inkamina 779 ke Pelabuhan Tobelo maka operasi SAR ditutup dengan kesimpulan ke 12 ABK KM Inkamina ditemukan dalam keadaan selamat,” kata M Arafah lagi.

Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian tadi yaitu, SAR Tobelo, Pos AL Tobelo, Babinsa, Pospolairud Tobelo, KUPP Tobelo serta KP3 Tobelo.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga